Apa Itu Fresh Graduate & Mengapa diminati Perusahaan ?

Apa itu Fresh Graduate ? ~ Saat sedang membaca-baca berita atau sedang berupaya mencari info lowongan kerja (loker) mungkin Anda pernah menjumpai istilah Fresh Graduate.

Sebenarnya apa itu fresh graduate ?

Berasal dari 2 kata Bahasa Inggris yaitu Fresh yang berarti baru dan Graduate yang berarti lulus. Kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia Fresh Graduate berarti baru lulus.

Jadi Fresh Graduate adalah suatu istilah yang digunakan untuk menunjukkan seseorang yang baru lulus dari perguruan tinggi, belum pernah bekerja dan tentu saja belum memiliki pengalaman kerja.

Lulusan perguruan tinggi yang dimaksud mencakup jenjang diploma atau sarjana dan tidak lebih dari 6 bulan sejak resmi dinyatakan lulus.

apa itu fresh graduate


Seorang fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja biasanya akan dipandang sebelah mata, karena dianggap belum memiliki pengalaman bekerja.  Pada awal bekerja, rata-rata seorang fresh graduate akan mengalami perlakuan yang berbeda dalam beberapa hal. Antara lain dalam hal gaji, pembagian kerja bahkan perlakuan secara personal.

Dalam dunia kerja Anda akan dituntut untuk mampu bekerja mandiri dan fleksibel. Oleh karena itu Anda tidak boleh ragu dalam menentukan langkah karir. Tunjukkan loyalitas Anda dalam bekerja, keluarkan segala kemampuan yang telah Anda dapatkan semasa kuliah untuk mengimplementasikannya ke dalam pekerjaan.

Tunjukkan pula bahwa Anda cepat belajar dan mampu menguasai dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Ingatlah selalu bahwa dimanapun Anda bekerja, selalu akan ada tantangan. Karena itu teruslah belajar, jangan ragu bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman. Disamping itu kenali pula lingkungan kerja dengan baik dan pahami pula karakter rekan kerja Anda.

Berusaha menampilkan kepribadian Anda yang unik dan asik sehingga rekan kerja akan merasa lebih nyaman bekerja bersama Anda.

Di setiap instansi perusahaan pasti ada penerapan sistem, aturan, dan prosedur kerja yang harus ditaati. Apabila lalai dalam melaksanakan tugas yang diberikan maka bersabarlah dan berusaha untuk memperbaikinya dengan segera.

Seiring berlalunya waktu, kegiatan-kegiatan yang menjadi rutinitas keseharian Anda akan menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga perlahan-lahan Anda akan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi yang terjadi.

Kriteria Fresh Graduate yang Disukai Perusahaan


Buat yang baru lulus dan ingin melamar pekerjaan atau baru saja mulai bekerja berikut ini kriteria fresh graduate yang disukai perusahaan dan patut Anda ketahui sebagai bahan untuk persiapan menambah nilai plus pada diri Anda :

1. Memiliki semangat juang yang tinggi
2. Bisa bekerja di bawah tekanan
3. Memiliki keinginan untuk terus belajar
4. Memiliki sikap loyal dengan pekerjaan dan perusahaan
5. Kemampuan berkomunikasi
6. Mau menerima kritik dan saran
7. Mampu beradaptasi dengan cepat

Mungkin ada yang berpendapat bahwa fresh graduate susah mendapat pekerjaan, apakah itu benar ?

Secara umum banyak perusahaan memang mencari calon pegawai yang sudah berpengalaman kerja karena dianggap dapat mengemban pekerjaan dengan lebih baik. Namun apakah mungkin perusahaan selalu mempekerjakan orang yang itu itu saja ? Apakah mungkin pekerja berpengalaman ada tanpa adanya fresh graduate ?

Dari penelusuran di beberapa situs penyedia lowongan kerja (loker) ternyata banyak lowongan kerja yang khusus diperuntukkan fresh graduate.  Bahkan tidak hanya diperuntukan lulusan perguruan tinggi saja, Lowongan kerja untuk lulusan SMA / SMK juga amat banyak tersedia. Hanya saja kualifikasi dan kemampuan dari lulusan tersebutlah yang menjadi masalah utama.

Dibalik itu semua ternyata masih ada banyak perusahaan suka merekrut fresh graduate, Kenapa ? Selain meremajakan pekerja ternyata ada beberapa alasan lain, diantaranya :

Alasan perusahaan suka fresh graduate :


1. Perusahaan lebih mudah mengarahkan pekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan
2. Cenderung memiliki kepatuhan yang lebih tinggi
3. Memiliki semangat kerja yang berapi-api
4. Memahami target pasar yang potensial sesuai dengan masanya
5. Tidak mudah menyerah
6. Lebih melek teknologi terkini

Meski berbagai rintangan akan rutinitas baru di perusahaan tentunya Anda tidak perlu menyerah begitu saja, Hadapilah dan bekerjalah dengan sepenuh hati dan percayalah bahwa Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas yang pada akhirnya akan menjadi pengalaman terbaik.

Selamat bekerja, Semoga sukses !!