Aturan Baru YouTube, Boleh Pasang Iklan Setelah 10.000 View

Salah satu platform berbagi video yang memungkinkan Anda memperoleh pendapatan adalah YouTube. Tapi keseruan itu akan sedikit terusik, Pasalnya baru-baru ini pihaknya mengeluarkan aturan baru yang mengijinkan chanel yang tergabung ke dalam YouTube Partner Program harus mencapai 10.000 view ke atas saja yang boleh memasang iklan (monetize).

Aturan Baru YouTube, Boleh Pasang Iklan Setelah 10.000 View

Aturan baru YouTube ini dikeluarkan sebagai wujud perlindungan terhadap kreator, Dimana saat ini telah ditemukan banyak konten asli yang di-upload ulang oleh orang lain dan mencoba mendapatkan penghasilan dari sana.

Selama ini pihak YouTube telah membantu mengupayakan perlindungan terhadap kreator yaitu dengan mempermudah pelaporan karya yang dianggap melakukan peniruan. Dan hasilnya ada ratusan ribu saluran yang melanggar kebijakan yang sudah diakhiri kontennya.

Kini, Tim YouTube mengambil langkah lain untuk melindungi pencipta (kreator) dengan memperbaharui ambang batas yang diperlukan untuk bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP). Video yang sudah diupload tidak akan ada penayangan iklan hingga saluran mencapai minimal 10.000 view.

Jika sudah mencapai ambang batas, Selanjutnya pihak YPP akan mengecek kesesuainnya dengan pedoman kebijakan perusahaan. Hingga seluruh aturan baru YouTube sudah terpenuhi baru akan disetujui permintaan pembuat video untuk menayangkan iklan.

Untuk saat ini, pendapatan yang diperoleh channel yang kurang dari 10.000 view tidak akan terdampak oleh kebijakan baru ini. Namun dalam beberapa pekan ke depan, setiap pengajuan baru harus melalui prosedur yang baru.

Bagi Anda yang belum tahu cara bergabung dengan Program Partner YouTube, Berikut ini caranya :

1. Masuk ke akun YouTube
2. Di bagian kanan atas, pilih ikon akun > Creator Studio
3. Di menu sebelah kiri, pilih Saluran > Status dan fitur
4. Di bagian "Monetisasi", klik Aktifkan
5. Ikuti langkah di layar untuk menerima Persyaratan Program Partner YouTube

Sedang untuk Anda yang baru saja mulai membangun saluran, disarankan mengunjungi YouTube Creator Academy untuk mendapatkan tips tentang cara membuat konten asli dan tumbuh audiens Anda untuk membantu Anda mendapatkan 10.000 penayangan dan seterusnya.