PERBEDAAN ANTARA WEBSITE DAN BLOG SECARA UMUM

perbedaan antara website dan blog
Perbedaan antara website dan blog ~ Sebagian besar orang masih bingung dengan perbedaan website dan blog, bahkan ada yang belum tahu tentang kedua-duanya. Web atau Blog merupakan aplikasi yang tampil di internet yang memuat berbagai jenis tulisan teks, gambar, logika dan disajikan dalam bentuk domain untuk tujuan dan topik tertentu.

Sebenarnya antara web dan blog hampir tidak ada bedanya, tetapi untuk memperjelas perbedaan antara web dan blog maka dapat dibedakan dari beberapa segi :

1. Isi konten.
Biasanya Blog dibuat untuk keperluan pribadi yang memuat berbagai tulisan baik itu berupa catatan pribadi / pengalaman pribadi / ilmu pengetahuan. Karena kemajuan dan perkembangan dunia blogging, sedikit demi sedikit berubah fungsi ke arah komersil. Sebuah blog dapat berisi berbagai macam jenis konten atau membahas topik tertentu ataupun topik campuran. Content blog dapat terlihat dari susuan postingan dari awal hingga yang terakhir, tetapi untuk sebuah website hal tersebut tidak akan ditemui.

Sebuah web biasanya berupa tampilan tulisan-tulisan atau gambar yang umumnya ke arah komersil, yang mewakili tema atau produk tertentu, misalnya membuat toko online.

2. Template
Dalam hal template blog atau tata logika pembentuk theme blog umumnya lebih mudah dilakukan dengan cara mengganti template blog yang banyak tersedia secara gratis di dunia maya, Berbeda halnya dengan sebuah website yang perlu extra dalam urusan pembentukan template / coding, pemahaman kode-kode yang membangun sebuah template website jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan blog. Seiring dengan hal tersebut maka tampilan yang diberikan sebuah website pun jauh lebih indah, lebih profesional dibanding sebuah blog.

Umumnya tingkat kesamaan antar website jarang sekali terjadi hal ini disebabkan pada selera pemilik ataupun tujuan dari masing-masing pembentukan website tersebut. Lain hal dengan blog, dimana banyak yang menggunakan template gratis yang dengan mudah didapat untuk dipasang pada masing-masing blog. Hal inilah yang memberikan perbedaan antara website dan blog menjadi lebih nyata terlihat bagi kalangan umum.

3. Biaya
Dari segi biaya sebuah blog tentu tidaklah sebesar website, blog dapat dengan mudah dibentuk / dibuat dari platform yang gratis, walaupun banyak juga pengguna menggunakan platform yang berbayar. Kalaupun menyewa hosting untuk blog, biaya yang dikeluarkanpun tidak sebesar website yang perlu memikirkan kecepatan server, daya tampung ataupun tingkat keamanannya.

4. Performa
Dari segi performa, tampilan desain template lebih bagus, lebih profesional dan lebih lengkap dibandingkan dengan blog dan hal ini tentu lebih dapat mengakomodir keinginan pengunjung ataupun penggunanya sendiri. Sebuah Website juga dapat membentuk lebih dari satu turunan(subdomain) website sedangkan blog tidak bisa membuat turunan blog..

5. Search Engine
Sebuah blog akan lebih banyak diakses dibandingkan dengan website, hal ini terjadi karena isi blog / content blog selalu berubah, media berbagi pengalaman, lebih bervariasi, sehingga menyebabkan search engine memberikan perhatian lebih terhadap sebuah blog, lain halnya dengan sebuah website yang biasanya mendapat pencarian lebih terbatas karena beisi jenis content tertentu.


Demikianlah beberapa perbedaan antara website dan blog, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda, salam sukses