PENGERTIAN BELAJAR DAN BERBAGAI TEORI BELAJAR

pengertian belajar dan berbagai teori belajar

Pengertian belajar dan berbagai teori belajar ~ Belajar merupakan suatu proses interaksi kegiatan perubahan yang terjadi pada prilaku seseorang yang berasal dari adanya pengalaman ataupun latihan disetiap waktu. Setiap orang yang telah berubah perilakuknya yang terus menerus baik ke arah yang lebih maupun sebaliknya dianggap telah belajar.

Hasil yang didapat dalam pembelajaran adalah berupa stimulus dan respon, stimulus mencakup pelajaran apa saja yang telah diberikan (biasanya kita sebut murid) dan respon merupakan reaksi dari si pelajar terhadap stimulus yang didapatnya (biasanya kita sebut guru).

Para ahli teori belajar selalu berusaha untuk merumuskan pengertian apa itu belajar. Dan saya akan kutip beberapa pengertian belajar dari berbagai sumber :

Menurut Morgan : bahwa belajar merupakan suatu kegiatan relatif terhadap berbagai tingkah laku yang didapat dari pengalaman.

Menurut Gagne : bahwa belajar merupakan suatu proses organisme yang berubah perilakuknya akibat suatu pengalaman yang telah dialaminya.

Menurut Hilgard : bahwa proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja yang menimbulkan berbagai perubahan yang menyebabkan perubahan dari sebelumnya.

Menurut Slameto : pengertian belajar adalah proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku baru secara keseluruhan yang berasal dari pengalamannya sendiri

Menurut Bower : " Learning is a cognitive process " = belajar adalah suatu proses kognitif

Menurut Abdillah : belajar adalah suatu usaha secara sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan atau pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk mendapatkan tujuan tertentu

Menurut Gerow : " Learning is demonstrated by relatively permanent change in behavior that occurs as the result of practice or experience" , yang artinya : belajar ditunjukkan oleh perubahan yang relatif tetap dalam perilaku yang terjadi karena adanya latihan dan pengalaman yang didapatnya.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah :

> Belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi atas pengalaman melalui berbagai latihan
> Belajar merupakan suatu perubahan tingkah laku
> Belajar merupakan perubahan kepada tingkah laku yang lebih baik
> Belajar merupakan perubahan kepada tingkah laku yang lebih buruk
> Belajar merupakan perubahan tingkah laku dengan berbagai perubahan aspek kepribadian
> Belajar merupakan perubahan pola pikir, pengetahuan ataupun kebiasaan baru ke arah lebih baik

Setiap orang yang sedang belajar selalu mengalami perubahan terhadap dirinya, tanpa perubahan tersebut tidak akan membuah hasil yang maksimal dari upaya pembelajaran disamping itu perlu adanya cara belajar efektif untuk mendukung proses belajar yang baik sehingga membuahkan hasil yang maksimal.

Demikian pengertian belajar dan berbagai teori yang dapat diberikan, semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses