Bila Anda Karyawan Baru, Hindari Kesalahan Umum Berikut Ini


Gugup sangatlah rumlah disaat Anda baru saja bekerja di tempat yang baru. Apalagi bagi Anda yang baru saja lulus dari sekolah / kuliah (Fresh Graduate). Mau tidak mau Anda harus cepat dan siap menyesuaikan diri di lingkungan kerja baru tersebut.

Dunia kerja tentu amat jauh berbeda dengan saat Anda sedang mengenyam pendidikan di sekolah. Mungkin di saat masih sekolah Anda bisa menjadi seorang anak mami atau apalah yang bisa dengan mudah mengeluarkan kalimat-kalimat sesuai dengan kehendakmu. Ataupun bisa bersikap sekehendakmu. Namun di dunia kerja ada batasan-batasan yang perlu Anda pahami !

kesalahan umum karyawan baru


Saya tidaklah bermaksud untuk menakut-nakuti, Bila sudah memasuki dunia kerja Anda perlu memahami dunia baru mu sehingga sebagai karyawan baru tidak melakukan kesalahan apalagi di saat pertama kali bekerja. Untuk itu saya akan menuliskan beberapa kesalahan umum yang sering kali dilakukan karyawan baru, silahkan disimak :

1. Berbusana Tidak Tepat

Apabila Anda bekerja di sebuah perusahaan yang tidak diwajibkan memakai seragam khusus tentunya tidaklah terlalu dipermasalahkan, Namun tetaplah perlu memperhatikan aturan berpakaian yang sopan dan disesuaikan dengan kondisi lapangan, janganlah berlebihan.

2. Sering Terlambat

Salah satu indikator nilai disiplin adalah waktu, Anda perlu memperhatikan hal ini dengan amat serius. Sekali-kali terlambat mungkin wajar, namun terlalu sering akan berdampak nilai  ketidakdiplinan buruk atau ketidakprofesionalan Anda bahkan mungkin tidak akan pernah naik jabatan.

Tidak hanya waktu datang yang amat perlu di perhatikan, waktu mengumpulan tugas juga tidak luput dari penilaian. Oleh karena itu jangan pernah terlambat agar Anda tidak dicap karyawan pemalas.

3. Menjadi Takut Bicara

Pendiam boleh-boleh saja, Namun takut bicara haruslah dibuang jauh-jauh. Terutama disaat mengeluarkan pendapat.  Padahal pendapat Anda juga dibutuhkan dalam perusahaan meski Anda karyawan baru. Sehingga Anda tidak dicap sebagai karyawan yang pasif.

4. Tidak Bergaul

Selain bekerja keras, Anda juga harus menjalin hubungan dengan sesama karyawan (gaul). Anda perlu menyapa atau mengobrol di saat senggang atau jam istirahat kerja. Meski sebagai anak baru Anda perlu juga agresif untuk menambah koleksi pertemanan sesama rekan kerja. Paling tidak hal ini akan membantu mempercepat pengenalan situasi perusahaan tempat bekerja. Syukur-syukur Anda mendapat rekomendasi jabatan lain di perusahaan karena pergaulan Anda.

5. Bergosip di Kantor

Nah kalau yang ini kebabalasan dari poin no 4, Jangan mentang-mentang sudah banyak teman di kantor, Anda bisa seenaknya bergosip ria, Posisikan diri Anda tetap netral dan profesional. Dengan demikian paling tidak bisa menghindari terjadinya cekcok antar karyawan / teman.

6. Bersikap Sok tahu

Percaya diri bolehlah, Namun janganlah terlalu berlebihan. Meski Anda benar-benar paham akan pemecahan masalah yang sedang terjadi, Anda perlu pandai mengungkapkannya. Salah satunya adalah dengan bersikap rendah hati. Sehingga nantinya tidak akan dicap sebagai karyawan yang sok tahu.

Nah, Sekarang Anda sudah lebih waspada untuk menghindari kesalahan umum bagi karyawan baru. Semoga dapat bermanfaat.