Cara Menambahkan Lokasi Bisnis yang Belum ada di Google Maps (Peta Google)

Cara Menambahkan Lokasi yang Belum ada di Google Maps (Peta Google) ~ Anda pasti setuju bahwa Google Maps merupakan layanan peta online yang terpopuler hingga kini. Berbagai tempat dapat dengan mudah ditemukan di sana. Pihak Google-pun mengijinkan siapapun untuk dapat menambahkan lokasi yang belum ada di Google Maps seperti lokasi bisnis / tempat usaha, toko atau restoran, sekolah, dan tempat umum lainnya.

Bagi pemilik usaha / bisnis, Menambahkan lokasi di Google Maps selain akan membantu mempermudah pencarian suatu lokasi, fitur ini dapat mendatangkan pembeli berdasarkan petunjuk arah, no. telepon, jam buka-tutup yang terpampang di Peta Google. Selain itu pelanggan yang telah mengunjungi tempat usaha akan dengan mudah memberikan ulasan secara online, dan bahkan bisa membagikan tautan sebagai informasi ke rekan lainnya. Tentunya hal seperti ini membuat bisnis atau tempat usaha Anda memiliki nilai tersendiri.

Nah, Bila Anda tertarik untuk mencobanya, Silahkan simak penjelasan berikut ini :

Cara Menambahkan Lokasi Bisnis Sendiri yang Belum Ada di Google Maps

1. Kunjungi https://www.google.co.id/maps
2. Kemudian masuk menggunakan akun Google Anda (akun email).
3. Setelah berhasil masuk ke Google Maps, temukan dan klik tanda  ≡  (Menu) yang terdapat di kiri atas layar

cara menambahkan lokasi bisnis di Google Maps

4. Temukan & klik "Tempat Anda"

klik tempat Anda di Google Maps

Apabila Anda belum pernah membuat lokasi bisnis, Maka laman menu akan terlihat kosong dan hanya terlihat kata "BUAT PETA", Silahkan diklik untuk membuat peta. Namun bila Anda sudah pernah membuat peta atau menandai suatu tempat maka akan terdapat beberapa Tab antara lain BERLABEL, TERSIMPAN, PERNAH DIKUNJUNGI dan PETA.

Pilih saja Tab "PETA" dan lihat ke bawah, Temukan dan klik "BUAT PETA"

klik peta untuk mulai menambahkan lokasi bisnis

Dan akan terbuka tab jendela baru, Ketikkan lokasi bisnis yang ingin ditambahkan pada bar pencarian. Apabila lokasi yang diinginkan sulit untuk dipaskan, Anda bisa mengklik dan menahan mouse untuk menggesernya.

masukan nama jalan di Google Maps


Selanjutnya klik "Tambahkan ke peta". Kemudian "Lapisan tanpa judul", Akan tampil menu kecil silahkan edit menjadi nama lokasi bisnis Anda dan klik Simpan. Di sini saya edit menjadi SDN 09 Pagi Tegal Alur (karena saya tidak memiliki bisnis dan nama sekolah ini memang belum ada di peta).

edit lapisan tanpa judul di Google Maps

Selanjutnya berikan Icon yang melambangkan kategori bisnis Anda, Klik "model"  untuk memilih icon yang tersedia ( lihat gambar di bawah ini )

menambahkan lokasi bisnis di Google Maps

Setelah icon telah Anda tentukan, Klik "Oke" atau Anda bisa melakukan upload dengan meng-klik icon khusus yang terdapat di dalamnya (ikon selengkapnya).

Jangan lupa berikan judul dan deskripsi untuk memberikan gambaran tentang bisnis Anda dengan cara klik icon pensil untuk mengedit judul dan dekripsi.

Selain itu tambahkan juga gambar yang mewakili bisnis Anda dan petunjuk arah  ( lihat gambar di bawah )

menambahkan lokasi dengan memberikan gambar di Google Maps

Setelah selesai, Lanjutkan dengan mengklik tanda ⋮  ( titik 3 ) dan pilih "Buka tabel data"

klik tanda titik 3

Kemudian tanda panah kecil yang berada di samping deskripsi (lihat gambar di bawah) dan lanjut klik "Sisipkan kolom setelah".

kolom penyisipan URL

akan muncul menu popup seperti gambar di bawah ini :

menyisipkan URL
Sisipkan alamat website apabila Anda memilikinya, bila tidak ada lewatkan saja (klik batal).

Langkah selanjutnya adalah melakukan setting privasi kepemilikan lokasi bisnis di Google Maps. Hal ini perlu dilakukan agar orang lain dapat menemukan posisi bisnis yang sudah Anda buat. Caranya yaitu klik "berbagi" yang berada di samping tombol "Tambahkan lapisan" seperti tampak pada gambar di bawah ini

bagikan link lokasi yang telah dibuat
akan muncul menu popup baru lagi, isikan judul dan deskripsi yang menggambarkan bisnis Anda. Lanjutkan dengan klik "Ok"

berikan judul dan deskripsi terhadap lokasi

kemudian Anda akan diarahkan ke setelan berbagi,

mengubah privasi

Apabila hak akses berupa pribadi (private) maka klik "Ubah" untuk mengubahnya menjadi bentuk umum (public) agar dapat diakses oleh orang lain. Dan klik "Selesai"

Demikian cara menambahkan lokasi bisnis Anda di Google Maps (Peta Google) semoga dapat memberikan manfaat.