Kelebihan dan Kekurangan Bertransaksi Menggunakan Uang Elektronik


Bagi Anda yang masih awam, Mungkin dalam benak Anda bertanya "Apa sih Uang Elektronik itu ?" , "Seperti apa bentuknya ?", "Apa kelebihan dan kekurangannya ?". Baiklah saya akan coba memberikan penjelasan yang mudah-mudahan dapat memberikan pencerahaan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Uang elektronik atau yang sering kali disebut e-money adalah uang Rupiah yang dikemas secara elektronik ke dalam bentuk kartu. Meski masih terbatas penggunaannya hanya di kota-kota besar, Namun keberadaannya dapat menggantikan wujud uang kertas dan uang logam.

Jadi dengan uang elektronik, Anda tidak perlu membawa uang kertas dan uang logam dalam tas, Apalagi dalam jumlah yang banyak. Praktis bukan ?

Nah, Seperti kata pepatah "tidak ada gading yang tidak retak". Setiap buatan manusia selalu ada sisi lebih dan kurangnya.

Demikian juga dengan uang elektronik, Ada kelebihan dan ada pula kekurangannya. Untuk jelasnya, simak pembahasan berikut ini

kelebihan dan kekurangan uang elektronik

Kelebihan Menggunakan Uang Elektronik


1. Praktis

Seperti pembahasan singkat di atas, bahwa Anda tidak perlu membawa uang kertas dan uang logam dalam tas Anda. Yang perlu dilakukan ialah Anda hanya perlu melakukan pengisian (top-up saldo) atau memindahkan saldo ke kartu uang elektronik Anda melalui merchant-merchant yang sekarang sudah mudah ditemukan di berbagai tempat.

Setelah melakukan pengisian saldo, Anda tinggal menggunakannya untuk bertransaksi di tempat yang menerima pembayaran uang elektronik.

2. Lebih Cepat

Selain praktis, Dalam bertransaksi tentulah menjadi lebih cepat. Di saat melakukan pembayaran, Anda tinggal menggunakan kartu elektronik untuk memotong saldonya, tidak perlu menunggu uang kembalian. Contoh penggunaannya : membayar tol,  pembayaran tiket bus Transjakarta

Di saat belanja online, Anda pun tidak perlu lagi ke luar rumah untuk melakukan pembayaran. Cukup mengisi / memasukkan nomor yang tertera di kartu elektronik bahkan hal inipun bisa digunakan secara international.

Kekurangan Menggunakan Uang Elektronik


1. Lebih Boros

Mudahnya penggunaan uang elektronik juga memiliki sisi negatifnya, Di saat bertransaksi Anda tidak merasa mengeluarkan uang sedikit pun, Sehingga pemilik kartu tidak segan-segan untuk melakukan transaksi. Padahal uang yang Anda miliki telah berpindah menjadi saldo di kartu elektronik. Oleh karena itu perlu melakukan pengontrolan yang ketat terhadap setiap transaksi sehingga tidak perlu terjadi pemborosan.

2. Kurang Aman / Hilang

Kepraktisan kartu uang elektronik ternyata menyimpan pula resiiko tersendiri. Pasalnya uang yang tersimpan dalam bentuk sebuah kartu akan mudah hilang karena kecerobohan seseorang.

Apabila telah hilang maka tidak akan dapat melakukan pemblokiran. Ketika kartu sudah berpindah tangan maka penggunaan saldo uang yang tersimpan di dalamnya pun sebebas keinginan si pemilik baru.

Bila sudah terjadi demikian mau tidak mau ya buat baru lagi dan lupakan yang telah hilang.

3. Sisa Saldo Tidak Dapat di Uangkan Kembali

Ketika pemilik kartu ingin mengganti kartu dengan jenis yang lain maka sisa saldo yang masih tersimpan di dalamnya tidak akan dapat di uangkan kembali atau tidak dapat dipindahkan ke rekening pemilik lagi.

Besar atau kecilnya saldo tetap tidak dapat di kembalikan. Jadi Anda juga harus merelakan hal yang satu ini.

Nah itulah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan uang elektronik, Kemajuan teknologi tidaklah bisa ditolak, Cepat atau lambat, teknologi tetap akan datang. Karena itu tidak perlu menghindarinya, nikmatilah, dan bijak dalam penggunaannya. Salam sukses