Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari BPJS Ketenagakerjaan adalah Program Jaminan Hari Tua (JHT).  Pekerja yang diikutsertakan dalam program ini diharuskan membayarkan premi sebesar 5,7% dari upah yang dilaporkan dengan rincian 2% ditanggung oleh pekerja dan 3,7% ditanggung perusahaan. Iuran ini akan dikelola sebagai bentuk investasi yang pada akhirnya akan dikembalikan lagi kepada peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang disebut JHT.

Besarnya Saldo JHT dapat dicek secara online oleh peserta dengan membaca laporan yang diberikan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan setahun sekali.  Sebelumnya cek Saldo JHT ini hanya dapat dilihat oleh peserta melalui print out yang akan dikirimkan pihak BPJS Ketenagakerjaan setiap awal tahun.

Namun seiring dengan perkembangan BPJS, Peserta diberikan kemudahan untuk dapat cek Saldo JHT secara online dengan mengakses website resmi BPJS Ketenagakerjaan sehingga kapanpun dan dimanapun dapat dengan mudah melakukan pengecekan.

Nah, Bagi Anda yang ingin tahu cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan :

I. Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website


1. Siapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan (nomor KPJ), e-KTP  dan kunjungi website resminya dengan mengetik www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja  di browser internet Anda


cara cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online

2. Klik Registrasi untuk melakukan pendaftaran (bila belum memiliki user ID untuk login), Kemudian isi data-data Anda dengan lengkap :

- Nomor KPJ Aktif
- Nama
- Tanggal Lahir
- No. E-KTP
- Nama Ibu Kandung
- No. HP
- Email
- Kode Keamanan ( isikan kode yang tertera di atasnya)
- Centang kotak kecil tanda persetujuan
- Klik SUBMIT DATA

Setelah selesai mendaftar, buka email, temukan email konfirmasi yang berisi PIN Aktivasi yang akan digunakan untuk prosesi LOGIN ke menu Layanan. Jika belum punya email, Silahkan dapatkan panduannya di artikel : Cara Membuat Email Baru Mudah dan Gratis

Cara Cek Saldo JHT BPJS

Kemudian lakukan LOGIN dan klik "Sign In"

Cara Cek Saldo JHT


Sesaat setelah LOGIN, Akan masuk ke menu Daftar Layanan, Temukan dan klik "Cek Saldo JHT", Kemudian akan diminta untuk memasukkan kode PIN untuk melakukan verifikasi nomor HP.


Daftar Layanan ~ Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

3. Cek Saldo JHT

Masukkan PIN dari SMS yang dikirimkan BPJSTK dan klik "Verifikasi". Selanjutnya akan terlihat kode Daftar Nomor KJP yang akan dicek dan klik "SUBMIT". Sesaat kemudian akan terlihat Data Saldo JHT Anda berupa informasi total saldo JHT,

Apabila ingin melihat rincian Saldo JHT dan JP per tahun dapat dilakukan dengan kembali ke Daftar Layanan dengan meng-klik menu JHT Tahunan dan memasukkan nomor KPJ yang diakhiri dengan klik "SUBMIT"

Cara cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Website

Tunggu sesaat, dan layar akan menampilkan hasil rincian Saldo JHT dan JP untuk Anda.

baca juga : Syarat (Cara) Pencairan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

II, Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile


Selain cara yang dijelaskan di atas, Cara lain ialah melalui smartphone (HP) berbasis Android, Apple dan Blackberry dengan menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile untuk melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Caranyapun tidak jauh berbeda dengan cara yang dijelaskan di atas sebelumnya.

Nah, Bila tertarik untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan smartphone, Silahkan ikuti cara berikut ini :

1. Download dan Install Aplikasi BPJSTK yang tersedia di Playstore atau Apps Store
2. Tekan "Lewatkan" di tampilan awal, Pada menu Syarat & Ketentuan tekan "Saya Setuju" dan "Next"
3. Masukkan Email dan PIN, Selanjutnya tekan Cek Saldo dan akan ditampilkan jumlah saldo yang telah diperoleh.

Bagi pengguna baru yang belum memiliki PIN silahkan melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan men-tap "Daftar Baru" yang terdapat di bagian kanan bawah layar smartphone. Masukkan email Anda dan tekan "SELANJUTNYA". Buka email dan dapatkan PIN Aktivasi untuk login.

Nah, mudah bukan ?... Selamat mencoba, semoga cara cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan secara online ini dapat memberikan manfaat. Salam sukses