March 29, 2016

Cara Daftar e-Filing Untuk Lapor Pajak Online (SPT Tahunan PPh)

Cara Daftar e-Filing Untuk Lapor Pajak Online (SPT Tahunan PPh) ~ Setiap bulan maret orang akan berbondong-bondong untuk lapor pajak SPT Tahunan PPh Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajak ( KPP ).  Berangkat pagi dan antri hingga sore hari sudah merupakan hal lumrah yang harus dijalankan. Rutinitas tahunan ini sebenarnya tidak perlu terjadi bila para wajib pajak menggunakan e-Filing untuk melaporkan pajak SPT Tahunan PPh-nya secara online.

e-Filing adalah suatu cara penyampaian SPT Tahunan PPh secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website DJP Online https://djponline.pajak.go.id. Jadi ... singkatnya e-Filing adalah cara lapor pajak online.

Layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah terintegrasi dalam layanan DJP Online. Bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan menggunakan formulir 1770S dan 1770SS dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT nya secara langsung pada aplikasi e-Filing di DJP Online.

Nah, Dari pada Anda capek-capek antri lebih baik gunakan e-filing. Dan bagi Anda yang ingin tahu cara daftar e-Filing untuk lapor pajak SPT Online, berikut ini langkah-langkahnya :

cara daftar e-filing untuk lapor pajak online

Cara Daftar e-Filing dan Lapor Pajak Online

Melalui 3 langkah mudah yaitu :
  • Aktivasi EFIN
  • Registrasi / daftar di DJP Online
  • Lapor SPT Tahunan

Berikut ini penjelasannya, Silahkan perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama yaa

1. Cara Mendapatkan EFIN / Aktivasi EFIN


Siapkan dokumen berikut sebelum berangkat menuju Kantor Pelayanan Pajak untuk aktivasi EFIN (Electronic Filing Identification Number) :

  • Foto Copy NPWP
  • Foto Copy KTP
  • Isi Formulir ( minta di kantor pajak )
  • No. HP
  • Email aktif

Setelah sampai ke Kantor Pelayanan Pajak, Langsung menuju bagian EFIN. Ambil no. antrian, setelah nomor Anda dipanggil serahkan dokumen-dokumen di atas untuk proses petugas aktivasi EFIN. Setelah selesai Anda akan diberikan selembar kertas berisi kode (angka) inilah yang disebut EFIN.

Daftar e filing lapor pajak online


EFIN adalah rangkaian angka-angka yang berfungsi sebagai identitas Wajib Pajak pada saat melakukan transaksi elektronik dengan Direktorat Jenderal Pajak untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Perlu diketahui bahwa setelah mendapatkan EFIN Anda belum bisa menggunakan DJP Online untuk entry data SPT PPh Tahunan. Anda perlu mendaftarkan diri pada website DJP Online terlebih dahulu. Perhatikan langkah berikut :

2. Cara Daftar e-Filing DJP Online


  • Ketik https://djponline.pajak.go.id di browser Anda,  Kemudian tekan enter
  • Selanjutnya klik bagian yang bertuliskan "Anda belum terdaftar ? daftar di sini ( lihat gambar di bawah ini ), tidak usah isi NPWP dan Password

cara lapor pajak online menggunakan e filing

  • Setelah terbuka tampilan baru, Masukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kode EFIN, kode keamanan sesuai dengan yang tertera, kemudian klik verifikasi
  • Jika Anda memasukkan dengan benar maka akan tampil Nama Wajib Pajak, Email, Nomor Handphone. Perhatikan alamat email dan no Hp apakah benar milik Anda ? ( lihat gambar di bawah )
  • Masukkan Password 2x , ingat password ini sebaiknya dicatat agar tidak lupa nantinya.
  • Selanjutnya klik Simpan

cara lapor pajak online lewat e filing

Apabila Anda melakukannya dengan benar maka akan tampil layar yang menyatakan REQUEST_SUCCEED yang artinya registrasi berhasil dilakukan.

  • Selanjutnya buka akun email yang digunakan untuk mendaftarkan EFIN, buka kotak masuk (inbox) cari kiriman efiling. Kemudian klik (tautan) untuk melakukan mengaktifkan akun DJP Online Anda.

daftar e filing untuk lapor pajak online

  • Kemudian akan tampil menu REQUEST_SUCCEED, Klik tombol OK.

Nah, sekarang ketik lagi https://djponline.pajak.go.id kemudian enter menggunakan NPWP dan Password yang digunakan untuk mendaftar e-filling. Ikuti juga langkah di bawah ini :

3. Cara Lapor SPT Tahunan PPh


Klik Menu E-Filing, Kemudian klik buat SPT. Jawablah pertanyaan yang diberikan, baca petunjuk yang ada di sebelah kiri layar monitor. Klik lagi jenis SPT (1770 S atau 1770 SS).1

3.1. Isi Data Formulir
  • Isi tahun lapor pajak, status SPT
  • Klik Berikutnya

Daftar e filing untuk lapor pajak online SPT


3.2. Isi Data SPT
     Isilah data-data sesuai dengan formulir 1721-A1 atau 1721-A2 yang merupakan bukti pemotongan pajak penghasilan. (Jangan lupa perhatikan petunjuk sebelah kiri layar)

  • Mengisi data-data dengan benar
  • Centang kotak Setuju. Klik Berikutnya (paling bawah) 

3.3. Kirim SPT
  • Perhatikan Jenis Formulir, Tahun Pajak, Pembetulan Ke, Status SPT, Jumlah. 
  • Jika sudah yakin ambil kode verifikasi dengan klik teks [di sini] yang terdiri dari 2 pilihan ( kirim ke ponsel atau kirim ke email). 

E Filing untuk Lapor Pajak Online

  • Sebelum mengisi kode verifikasi pastikan server code yang diterima sesuai dengan yang di layar. Jika sudah yakin sesuai, Maka isikan kode verifikasi yang sudah Anda terima dari email atau dari ponsel.
  • Klik Kirim SPT
  • Tampilan jendela baru memberikan informasi bahwa SPT berhasil dikirim dan telah dikirimkan ke email berupa bukti penerimaan elektronik  Silahkan cek email dan simpan bukti penerimaan dengan baik.

E-Filing untuk lapor SPT Tahunan

Selesai.

Dengan daftar e-Filing untuk lapor pajak online (SPT Tahunan PPh) akan terasa sangat mudah tanpa harus bersusah payah antri, Membuang banyak waktu. Semoga dapat bermanfaat. Salam sukses

March 21, 2016

Cara Menghilangkan Layar Login di Windows 10, Sign in Otomatis

Cara Menghilangkan Layar Login di Windows 10, Sign Otomatis ~ Setiap kali menyalakan laptop sebelum masuk ke Windows 10 akan tampil layar login. Anda akan diminta untuk memasukkan password atau pin agar dapat sign in ke windows 10.

Tujuannya adalah untuk menjaga keamanan data-data di laptop agar tidak mudah diakses oleh orang lain. Maksud dan tujuannya amatlah baik, Tetapi di sisi lain akan terasa mengganggu atau merepotkan bila setiap kali mau menggunakan laptop harus mengisi password agar bisa login. Apalagi laptop tersebut digunakan bersama-sama dengan anak atau orang serumah, Tentunya akan bertambah repot lagi bukan ?

Nah, Anda bisa menghilangkan layar login di windows 10 dengan cara menonaktifkan permintaan sign in. Setiap kali Anda membuka laptop akan sign secara otomatis, Jadi bisa langsung klik..klik...

Berikut ini cara menghilangkan layar login di windows 10, Silahkan disimak :

1. Klik kanan gambar windows 10 (start)
2. Klik Run
3. Ketikkan netplwiz di menu open

cara menghilangkan layar login di windows 10

4. Klik OK
5. Akan tampil menu baru, Hilangkan centang pada teks Users must enter a user name and password to use this computer ( lihat gambar di bawah )

cara nonaktifkan layar login di windows 10

6. Klik Apply
7. Pada menu baru, Anda diminta memasukkan password 2x agar setiap kali menggunakan laptop tidak perlu memasukkan password lagi ( otomatis sign in )

cara menghilangkan layar sign in di windows 10

8. Klik Ok, dan lakukan restart komputer Anda.

Jika Anda melakukannya sesuai dengan cara menghilangkan layar login di windows 10 seperti di atas dengan benar maka Windows 10 tidak akan meminta Anda untuk memasukkan password lagi, Selamat mencoba.

March 20, 2016

5 Aplikasi Penting Pendukung Bisnis Online Anda

5 Aplikasi Penting Pendukung Bisnis Online Anda ~ Handphone adalah salah satu alat penting yang harus Anda punya dalam menjalankan bisnis online. Bahkan boleh dikatakan Hp merupakan sebuah kantor karena terdapat aplikasi-aplikasi yang mendukung usaha Anda. Sebuah Hp tentu memberikan kemudahan kepada para pelanggan melakukan transaksi / order.

Karena alasan itulah maka sudah merupakan keharusan jika sebuah Hp yang digunakan untuk berbisnis juga harus berisikan aplikasi penting pendukung bisnis online Anda. Nah, di bawah ini ada beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk Anda dalam menjalankan bisnis online agar semakin mapan.
baca juga : Peng Shuilin Manusia Separuh badan Tetap bisa Berbisnis

5 aplikasi penting pendukung bisnis online

Aplikasi Penting Pendukung Bisnis Online

1. Social Media

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sosial media merupakan pengguna yang amat subur berkembang yang kini dimanfaatkan sebagai ladang bisnis online yang menjanjikan. Tentunya Anda harus aktif di bidang ini, Misalnya saja Facebook, Twitter, Instagram dll. Selain itu Facebook juga menyediakan aplikasi Pengelola Halaman yang cukup lengkap untuk bisnis online yang bisa dicoba melengkapi usaha Anda.

Saat menggunakan sosial media, Setiap teman adalah aset berharga, Karena itulah perbanyak pertemanan, Bangun kepercayaan (image) sebagai pedagang yang baik dan dapat dipercaya.

2. Messenger

Messanger ini sangat wajib untuk dimiliki aplikasinya, Misalnya BBM, WhatsApp, Line, Facebook Messenger, Telegram. Anda bisa gunakan sesuai dengan selera atau gunakan seluruhnya agar mempermudah contact dengan pelanggan.

3. Media Online

Anda tentu harus memiliki wadah (toko) untuk memajang produk yang akan ditawarkan kepada orang lain. Karena itu Anda harus mengusahakan memiliki toko online tersebut. Saat ini sudah banyak website yang dapat Anda manfaatkan sebagai toko pribadi. Misalnya saja : Tokopedia, Bukalapak, OLX dll. Buatlah akun di website tersebut, kemudian pajang gambar / foto produk untuk mulai menjajakan produk Anda. Karena itu perlulah di Hp Anda terinstall aplikasi seperti itu.

baca juga : kelemahan bisnis dropship yang perlu diketahui

4. Jasa Pengiriman

Aplikasi yang satu ini juga penting untuk diinstall di perangkat mobile Anda, Sewaktu-waktu ada pelanggan yang menanyakan berapa ongkirnya Anda dapat dengan mudah mengaksesnya dan cepat memberikan kabar. Pelanggan akan lebih senang jika cepat dapat kabar, dan umumnya bila terlalu lama memberikan kabar kemungkinan besar pelanggan akan batal untuk melanjutkan transaksi.

5. Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi yang satu ini juga dibutuhkan untuk mengetahui dengan cepat setiap transaksi yang terjadi. Bila ada pelanggan yang mengatakan bahwa transferan sudah masuk ke rekening, Anda tidaklah perlu untuk jauh-jauh ke ATM (Anjungan Tunai Mandiri) lagi. Cukup menekan tombol yang sudah tersedia, Tentu diperlukan proses registrasi dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan 5 aplikasi penting pendukung bisnis online di atas diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat urusan bisnis Anda, Semoga dapat bermanfaat.


March 15, 2016

Syarat (Cara) Pencairan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Syarat (Cara) Pencairan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Terbaru ~ Kini tenaga kerja yang sudah berhenti bekerja miniman 1 bulan sudah bisa mencairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) karena sejak tanggal 1 September 2015, revisi peraturan baru pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) resmi diberlakukan.

Sebelumnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Jaminan Hari Tua Pasal 22 mengatur pembayaran manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) apabila peserta berusia 56 tahun, Meninggal dunia, atau mengalami cacat total tetap.  Dan apabila sudah mencapai masa kepesertaan 10 tahun dapat mencairkan 10 % atau 30 % saja.

Kini peserta boleh berlega hati karena PP tersebut telah direvisi dengan PP Nomor 60 Tahun 2015 yang kemudian diatur lebih lanjut secara detail dengan Peraturan Menteri Nomor 19 Tahun 2015 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua.

Salah satu poin penting yang ditunggu-tunggu adalah Peserta BPJS Ketenagakerajaan yang sudah berhenti bekerja (mengundurkan diri atau PHK) setelah melewati masa tunggu 1 bulan, sudah dapat mencairkan seluruh uang Jaminan Hari Tua (JHT) dimana aturan sebelumnya harus menunggu masa usia pensiun.

Nah, Apabila Anda termasuk salah satu peserta BPJS TK yang ingin mencairkan Saldo JHT tentunya harus mengetahui prosedur atau syarat pencairan saldo JHT dan mempersiapkan berkas-berkas (surat-surat kelengkapan) agar dapat berjalan dengan lancar.
Syarat Pencairan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Syarat Pencairan Saldo JHT


Sebelumnya, peserta BPJS TK yang berkeinginan mengklaim (mencairkan) dana JHT harus membawa salinan berkas-berkas berikut ini beserta berkas aslinya:

1. Kartu BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) dan foto copy
2. Surat Pengunduran Diri / Surat Pengalaman Kerja (Paklaring) asli
3. Kartu Identitas ( KTP ) yang masih berlaku. dan foto copy
4. Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy
5. Buku Tabungan yang masih aktif. dan foto copy

baca juga : Surat Pengalaman Kerja (Paklaring)

Selain itu, Khusus untuk peserta BPJS TK yang berhenti bekerja per 1 September 2015, ada tambahan berkas yang wajib disertakan yaitu :

a. Jika berhenti bekerja karena mengundurkan diri (resign) atau Pensiun dini maka dokumen tambahannya adalah:

Fotocopy Surat Keterangan Pengunduran Diri dari perusahaan yang telah dilaporkan ke Dinas Ketenagakerjaan setempat (di-stempel), dan ditembuskan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Surat ini harus dibawa ke Sudin TK untuk di stempel kemudian diserahkan ke BPJS bersamaan dengan 5 dokumen di atas.

b. Jika berhenti kerja karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dokumen tambahannya adalah:

Bukti pendaftaran bersama yang dikeluarkan oleh Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), Dan apabila terjadi perselisihan antara pemberi kerja dan tenaga kerja pada proses PHK, maka manfaat JHT dibayarkan kepada peserta apabila telah melampirkan Surat Akte Penetapan PHK dari Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)

Demikian syarat pencairan saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, semoga dapat bermanfaat.

March 13, 2016

Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan

Contoh Surat Pengalaman Kerja dari Perusahaan ~ Lazimnya yang dimaksud surat pengalaman kerja (experience letter) adalah surat keterangan kerja. Surat pernyataan ini dikeluarkan berkenaan dengan berakhirnya hubungan kerja seseorang karyawan.

Surat pernyatan ini sangatlah dibutuhkan bagi mantan karyawan, antara lain sebagai bahan pertimbangan untuk mencari pekerjaan di perusahaan lain ataupun sebagai salah satu syarat pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

baca juga : syarat pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan

Walaupun undang-undang tidak lagi mengatur tentang surat pengalaman kerja, selayaknya perusahaan dapat mengaturnya dalam perjanjian kerja bersama (PKB) atau perjanjian kerja. Guna mengantisipasi polemik yang akan terjadi dikemudian hari.

contoh surat pengalaman kerja

Sebuah surat pengalaman kerja memuat keterangan mengenai sifat pekerjaan yang telah dilakukan, lamanya hubungan kerja berlangsung, perilaku karyawan melakukan pekerjaan dan alasan terjadinya pengakhiran hubungan kerja. Dan bagi Anda yang sedang mencari contoh surat pengalaman kerja atau surat keterangan kerja maka bisa melihat contoh di bawah ini :

baca juga : Surat Keterangan Kerja

Contoh Surat Pengalaman Kerja untuk Karyawan

Pt. GUNA SEJAHTERA
Jl. Simanjuntak No. 22, Jakarta
Telp. (021)xxxx-xxxx
================================================

Surat Pengalaman Kerja

No. : ......./...../....

Dengan ini menerangkan bahwa,

Nama     : Abudaud Mangkulangit
Jabatan  : Staff Ekspedisi
NIP      : xxxxxxxx

Adalah benar yang bersangkutan adalah karyawan Pt. Guna Sejahtera, Mulai bekerja pada tanggal 01 Pebruari 2013. Dan status yang bersangkutan telah mengundurkan diri dari Pt. Guna Sejahtera sejak tanggal 02 Maret 2016.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan agar dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya dan kami mengucapkan terimakasih atas segala dedikasinya kepada perusahaan selama bekerja.

                                                                                                           Jakarta, 03 Maret 2016
                                                                                                                 Hormat kami,
                                                                                                              Marsiko Pratama, SE
                                                                                                                 (Personalia)

Demikianlah contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan, Semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses

March 6, 2016

Accelerated Mobile Pages (AMP) Mempercepat Tampilan Konten Mobile

Accelerated Mobile Pages (AMP) ~  Pada hari Kamis (25/2/2016) secara resmi Google memperkenalkan AMP bagi pengguna gadget mobile di Indonesia. Produk baru Google yang diciptakan untuk memudahkan pengguna Hp berselancar di internet.

Saat melakukan pencarian menggunakan perangkat mobile, Produk AMP ini mudah terlihat karena memiliki ciri logo bergambar petir, Selain itu tampilan kontennya disajikan dalam bentuk carousel.

accelerated mobile pages (AMP)

Jika laman web yang ber-logo petir tersebut diklik akan dimuat 4x lebih cepat dan memangkas paket data 10x lebih besar sehingga lebih hemat. Dengan demikian saat netizen mengakses informasi (konten) akan terasa lebih sangat cepat tanpa harus menunggu waktu loading yang lama ( sepersekian detik) dan hemat quota internet.

artikel lainnya : Cara Membuat Website Gratis dan Mudah

Bagi Anda yang sering kali mencari berita di Google menggunakan perangkat mobile mungkin akan melihat tampilan yang berbeda dari sebelumnya.  Selain logo petir AMP, tampilan yang disuguhkan pun berubah bentuk menjadi carousel yang amat memudahkan netizen untuk mengakses berita (konten).

Carousel Slides tersebut memiliki tampilan penuh di ponsel, Di bagian atas terlihat titik bulat kecil tanda laman yang sedang diakses. (lihat gambar di bawah). Dengan demikian netizen sangat dimudahkan untuk membaca artikel lanjutan yang berkaitan.

baca juga : Cara Mempercepat Loading Blog


Accelerated Mobile Pages (AMP)


AMP yang memiliki tugas menyederhanakan isi coding sebuah laman ini bersifat open source (www.ampproject.org) dan pertama kali diumumkan secara global sejak Oktober 2015.



Hanya dalam waktu sekitar empat bulan saja, banyak penerbit, perusahaan teknologi dan periklanan memberikan respons positif untuk bekerja sama mengembangkan mobile web yang lebih baik bagi netizen.