Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Termudah

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email ~ Kemajuan Teknologi Informasi (TI) membuat orang mencari cara praktis untuk menunjang kinerjanya. Hal ini pula yang diterapkan dalam sistem rekruitment di perusahaan. Ketika perusahaan membuka lowongan pekerjaan, Calon pegawai diperbolehkan mengajukan lamaran dengan cara mengirim surat lamaran kerja via email ke alamat perusahaan.

Tentunya mengirim surat lamaran kerja via email ini sangat memberikan kemudahan, Calon pegawai tidak perlu repot-repot mendatangi perusahaan, Atau sang pelamar tidak harus datang ke kantor pos untuk mengirim lamarannya itu.

Sedangkan bagi pihak perusahaan selain kecepatan perekrutan tidak perlu menyediakan tempat ataupun kebanjiran kertas-kertas surat dari para pelamar kerja.

cara mengirim surat lamaran kerja via email

Calon pegawai hanya perlu men-scan berkas-berkas kelengkapan surat lamaran kerja , dijadikan file kemudian dikirimkan ke perusahaan lewat email.  Berkas kelengkapan tersebut misalnya :

- Surat Lamaran Kerja
- CV ( Curriculum Vitae )
- KTP
- Ijasah
- Sertifikat - sertifikat
- Foto
- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
- Surat - surat lain ( lihat syarat dari perusahaan )

Bila Anda tidak tahu cara scan file atau tidak memiliki scanner maka Anda bisa mendatangi warnet-warnet terdekat dan meminta petugasnya untuk membantu men-scan file tersebut.

Upayakan ukuran file hasil scan tidak terlalu besar untuk mempercepat proses upload nantinya, silahkan baca artikel cara kompress gambar dengan mudah untuk mempermudah memahaminya dan jangan lupa simpan file hasil scan ke dalam flashdisk atau harddisk agar bisa digunakan kembali.

Bagi sebagian orang, cara mengirim surat lamaran kerja via email seperti ini dirasakan tidak mudah. Selain tidak memiliki scanner, alasan belum pernah menggunakan email juga termasuk yang menjadi kendala.

Karena alasan itulah melalui contoh gambar seperti di bawah saya akan menjelaskan cara membuat surat lamaran kerja lewat email tersebut, Silahkan perhatikan langkah-langkahnya yaa.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email


Sebagai syarat utama metode ini adalah diperlukannya sebuah email sebagai alat pengirim file, Jadi mau tidak mau Anda harus memilikinya. Jika Anda belum membuatnya dan mendapatkan kesulitan silahkan baca artikel cara membuat email baru dengan mudah dan gratis untuk membantu Anda.

Setelah berkas kelengkapan sudah di scan dan tersimpan dalam bentuk file, maka langkah selanjutnya adalah buka akun email untuk mempraktekkan cara mengirim surat lamaran kerja via email tersebut kemudian perhatikan gambar di bawah ini.


cara mengirim surat lamaran kerja via email
cara mengirim surat lamaran kerja via email


1. Kolom angka 1 gambar di atas harus diisikan alamat email perusahaan yang dituju, Jangan sampai salah menuliskan alamat ini, Satu kesalahan kecil saja maka lamaran kerja tidak akan sampai ke perusahaan tujuan.

2. Kolom angka 2 (kolom Subject), Tuliskan perihal keperluan. Misalnya "Lamaran Kerja bagian Administrasi".  Bila perusahaan telah memberikan kode tersendiri maka masukan kode tersebut di kolom ini.

Contoh kode dari perusahaan : "Lamaran Kerja Adm - LKA 0101 , maka di kolom subject isikan kode seperti itu.  Hal ini mempermudah pihak perusahaan mengenali jenis email yang masuk, Di kolom inilah pihak perusahaan pertama kali membaca email kiriman Anda, Jadi upayakan menulisnya dengan benar.

3. Sedangkan pada kolom 3, Anda bisa menuliskan kalimat lamaran kerja di sini. Atau bisa juga dengan meng-upload file surat lamaran kerja dan file surat kelengkapan lainnya hasil scan sebelumnya dengan meng-klik simbol "Attach Files" yang ditunjukkan kotak merah pada gambar di atas.

Sebelum tekan tombol kirim ada baiknya memeriksa kembali email tersebut untuk memastikan alamat email perusahaan, subject dan seluruh kelengkapan sudah tertulis atau ter-upload dengan benar.

Nah, demikian cara mengirim surat lamaran kerja via email, Semoga dapat memberikan manfaat dan lamaran kerja Anda diterima .. amin.