March 28, 2015

Menelusuri Jejak Sejarah SEO


Mengenal sejarah SEO atau Search Engine Optimization yang kini menjadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif untuk meningkatkan trafik dari suatu blog atau website yang terdapat di internet dapat menjadi hal yang menarik bagi anda. Dengan SEO yang tepat, maka website situs anda bisa lebih terkenal dan memiliki lebih banyak pengunjung bahkan akan meningkatkan pendapatan anda apabila dikaitkan dengan penghasilan. Untuk lebih mengetahui sejarah SEO maka dapat ditelusuri dalam ulasan berikut ini.

Menelusuri Jejak Sejarah SEO

Sejarah SEO

Webmaster dan penyedia konten mulai untuk mengoptimalisasi situs untuk mesin pencari dimulai dari tahun 1990an, ketika mesin pencari pertama mulai membuat katalog dari halaman web pada awal pembuatannya.

Mulanya, hal yang perlu dilakukan webmaster adalah untuk mengumpulkan alamat dari halaman tersebut atau URL ke berbagai mesin pencari yang akan mengirimkan “spider” untuk menelusuri halaman tersebut dan mengekstrak link ke halaman lain dari hal tersebut dan mengembalikan informasi yang ditemukan pada halaman tersebut untuk dibuat indeks.

Proses tersebut melibatkan spider pada mesin pencari untuk mengunduh halaman tersebut dan menyimpannya pada server milik mesin pencari, dimana terdapat program kedua yang dikenal sebagai pengindeks, dapat mengekstrak berbagai jenis informasi mengenai halaman tersebut seperti misalnya kata kata yang terdapat di dalam halaman tersebut dan dimana informasi tersebut disimpan, selain itu juga memberikan titik berat pada beberapa kata spesifik dan semua link yang terdapat pada halaman tersebut yang kemudian ditempatkan dalam jadwal untuk ditelusuri di waktu yang akan datang.

Menelusuri jejak dari sejarah SEO

Pemilik situs mulai menyadari nilai penting dari rangking yang dimiliki situs mereka dan keterlihatan pada hasil pencarian, membuat kesempatan untuk pelaku SEO. Menurut analis industri yaitu Danny Sullivan, kata search engine optimization mungkin pada awalnya digunakan pada tahun 1997.

Pada tanggal 2 Mei 2007, Jason Gambert berusaha untuk membuat merek dagang dengan kata SEO dengan meyakinkan kantor merek dagang di Arizona bahwa SEO adalah proses yang melibatkan manipulasi dari kata kunci dan bukan sebuah jasa marketing.

Pada dasarnya pengacara yang mereview hal tersebut mempercayai argumen yang kurang valid ini mengatakan bahwa walaupun SEO tidak dapat dijadikan merek dagang ketika hal ini ditujukan pada proses generik dari memanipulasi kata kunci, hal ini bisa menjadi jasa untuk memberikan jasa marketing di sisi komputer.

Sejarah SEO dimulai pada versi terdahulu dari algoritma pencari yang menggantungkan pada informasi yang diberikan oleh para webmaster antara lain adalah kata kunci meta tag, atau data indeks di mesin seperti ALIWEB. Meta tag yang memberikan petunjuk untuk setiap isi halaman web.

Menggunakan meta data untuk memberikan indeks pada halaman terbukti tidak dapat diandalkan, namun begitu, karena pilihan kata kunci dari para webmaster dalam meta tag yang bisa berpotensi sebagai representasi yang tidak akurat dari konten asli dari situs tersebut.

Data yang tidak akurat, tidak komplit dan tidak konsisten di meta tag dapat dan membuat halaman masuk ke pencarian yang tidak relevan. Penyedia konten web juga memanipulasi banyaknya atribut yang ada dalam sumber HTML dari suatu halaman sebagai suatu usaha untuk dapat memiliki rangking yang baik di mesin pencari.

Dengan menggantungkan terlalu banyak pada faktor seperti keyword density atau kerapatan kata kunci yang terdapat secara eksklusif dalam kontrol dari webmaster, mesin pencari terdahulu banyak mendapatkan cacian dan manipulasi rangking.

Untuk memberikan hasil yang lebih baik pada pengguna mereka, mesin pencari harus dapat beradapatasi untuk memberikan jaminan terbaik pada halaman hasil pencari yang menunjukkan hasil pencarian yang paling relevan, daripada halaman yang tidak terkait dengan dipenuhi banyak kata kunci oleh webmaster yang hanya mencari keuntungan.

Karena kesuksesan dan popularitas dari mesin pencari ditentukan oleh kemampuannya untuk memproduksi hasil paling relevan untuk pencarian jenis apa pun, membuat kualitas buruk dan hasil pencarian yang tidak relevan dapat membuat pengguna tersebut berpindah ke hasil pencarian yang lain. Mesin pencari merespon dengan membangun algoritma ranking yang lebih kompleks. Inilah yang menjadi cikal bakal dari sejarah SEO.

March 21, 2015

Cara Mencari Kata Kunci Long Tail Keyword

Cara Mencari Kata Kunci Long Tail Keyword ~ Salah satu tehnik untuk mendapatkan ide penulisan artikel blog adalah menggunakan Long Tail Keyword tool. Hal ini menjadi pilihan yang perlu dilakukan dalam suatu riset karena tingkat persaingan kata kunci yang sudah amat padat, terutama kata kunci yang populer. Apalagi jika mengejar kata kunci pendek yang sudah tentu akan menghabiskan banyak energi dan perlu waktu yang lama jika ingin menguasainya.

Kata kunci yang populer dan pendek ( short tail keyword ) memang memberikan pengunjung yang lebih banyak, Akan tetapi akan lebih baik mengejar kata kunci yang panjang dan mendapatkan pengunjung, daripada harus mengeluarkan energi besar, waktu yang amat lama dan belum tentu berhasil untuk menguasainya.

Misalnya saja Anda menguasai 10 kata kunci panjang yang dicari oleh 10 orang per hari akan mendapatkan trafik pengunjung sebesar 100 orang. Hal ini tentu akan lebih baik dari pada Anda mengupayakan mencari kata kunci pendek yang dicari oleh 3000 orang per hari yang tingkat persaingannya amat tinggi dan sulit sekali untuk dapat menguasainya, yang pada akhirnya mungkin akan over optimasi.

Kembali ke topik awal yaitu mencari Long Tail Keyword sebagai ide untuk menulis artikel, Yang mana sering kali kita kehabisan ide karena sudah ada yang menggunakannya. Dan setelah mendapatkan long tail keyword diharapkan Anda dapat langsung menuangkannya ke dalam artikel

Jika Anda ingin menggunakan cara seperti itu, maka berikut ini saya akan berikan penjelasan bagaimana cara mencari kata kunci long tail keyword tersebut, Silahkan disimak aja yaa :


cara mencari long tail keyword

Cara Mencari Long Tail Keyword

1. Kunjungi website long tail generator : http://www.ubersuggest.org
2. Masukan kata kunci pendek yang ingin Anda cari long tail keyword nya  kemudian klik Suggest ( lihat gambar di atas )

3. Kemudian scroll ke bawah, Akan terlihat rangkaian kalimat seperti gambar di bawah ini

ubbersuggest untuk mencari long tail keyword

gambar di atas menunjukkan beberapa long tail keyword yang berasal dari keyword pendek "belajar blog", setiap kalimat keyword tersebut jika diklik akan muncul lagi long tail keyword baru yang dapat dijadikan pilihan.

Dan jika menginginkan long tail keyword tersebut, Anda tinggal klik tanda + (tambah) dan akan ditambahkan secara otomatis di sebelah kanan layar.

mencari long tail keyword dengan ubbersuggest
Nah, apabila dirasa sudah cukup pencarian keyword tersebut, maka klik "Get" untuk dicopy ke notepad untuk dibuatkan artikelnya

.
simpan long tail keyword

Dengan cara mencari kata kunci long tail keyword seperti di atas, Anda sudah bisa segera memulai menulis artikel dan padukan juga menggunakan Google keyword planner untuk mengetahui jumlah trafiknya. Walaupun hasil pengunjung tidak sesignifikan short keyword janganlah berkecil hati dengan berjalannya waktu Anda juga pasti akan bisa menguasai short tail keyword. Buatlah artikel yang original secara konsisten dan tidak merupakan hasil copy paste dari blog lain tentu juga akan memberikan hasil yang signifikan.

March 17, 2015

Dasar SEO Wajib Diketahui Pemula

Dasar SEO Wajib DIketahui Pemula

Dasar SEO sangat penting untuk diketahui terutama bagi para pemula yang mulai mengenal istilah SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu satu bentuk tehnik atau cara yang digunakan para pemilik website atau pun blog yang dapat membuat situs mereka tersebut berada pada posisi halaman pertama dalam mesin pencarian seperti halnya Bing, Google, dan juga Yahoo.

Sementara itu yang dimaksud dengan dasar SEO adalah beberapa bentuk pondasi yang wajib untuk diketahui oleh para pemula yang sedang belajar SEO dengan website dan juga blog yang mereka miliki masing-masing.

Dasar SEO ini sangat penting untuk digunakan seorang penula agar ia dapat terlatih menjadi seorang ahli dari bidang SEO terutama dalam membuat situs website atau pun blog yang mereka miliki agar dapat lebih dikenal orang luas, dan berada pada posisi pertama dalam mesin pencarian.

Berikut ini adalah bagian dari dasar-dasar SEO :

On Page SEO

Bagi para pakar pengguna SEO, istilah on page SEO tentu sudah tidak asing lagi mereka dengar. Namun hal ini akan berbeda jadinya bagi para pemula yang baru belajar mengenai dasar SEO. On page SEO sendiri adalah salah satu bentuk pondasi dasar SEO yang berupa tehnik untuk mengoptimisasi halaman dari situs website atau bahkan blog yang Anda miliki dengan cara menerapkan beberapa bentuk kata kunci dasar yang ditargetkan ke dalamnya.

Penggunaan on page SEO ini dalam dasar SEO dapat membawa keuntungan dengan nilainya yang dianggap lebih relevan oleh mesin pencari seperti halnya Google, Bing, atau bahkan Yahoo. Sehingga halaman pada situs website atau blog yang Anda miliki tersebut sudah pasti mendapatkan backlink dengan jumlah yang banyak, dan juga dapat menempati posisi sebagai ranking pertama dalam mesin pencarian tersebut.

Dasar SEO lainnya, yang juga masih termasuk dalam  on page SEO, diantaranya adalah :

1. Tittle Tag

Tittle tag ini dalam dasar SEO sama artinya dengan sebuah judul dalam sistem postingan ataupun artikel yang terdapat pada mesin pencari.  Tampilan dari tittle tag biasanya berbeda karena pada umumnya tittle tag tersebut dibaca oleh mesin pencari. Apabila tittle tag memiliki tampilan yang sama dengan judul postingan yang Anda buat dan telah dipublish pada situs website atau blog yang Anda miliki tersebut, maka yang muncul dalan mesin pencari pun akan sesuai dengan judul dari postingan yang Anda buat itu sendiri.

2. Meta Description

Dalam dasar SEO selanjutnya yang terdapat dalam on page SEO terdapat  bagian yang dinamakan dengan Meta Description. Meta description ini adalah satu bentuk keterangan dari halaman situs atau pun website yang muncul pada mesin pencarian dengan kalimat dari postingan atau pun artikel SEO yang sudah Anda buat. Jadi fungsi dari meta description adalah untuk menarik pengunjung dan memberitahukan kepada mesin pencari tentang isi artikel yang sesuai dengan dekripsi tersebut sehingga dapat mendatangkan traffic.


3. URL

Uniform Resources Locator atau lebih dikenal dengan istilah URL. URL terkait erat dalam dasar SEO yang merupakan suatu bentuk rangkaian karakter disusun berdasarkan format tertentu yang berfungsi untuk menunjukkan alamat sumber, seperti halnya bentuk dokumen atau pun gambar dari internet.

4. Heading

Heading dalam dasar SEO terkadang ada  yang menyamakannya dengan Tittle tag, padahal heading adalah dasar SEO yang berbeda dari tittle tag. Pada bagian heading, dasar SEO dikenal dengan beberapa kumpulan kata yang menjadi bagian dari judul maupun sub judul pada satu bentuk dokumen HTML.

5. Link To Autority Site

Link to Authority Site merupakan satu bentuk dasar SEO dalam on page SEO, yang berguna untuk mengetahui link apa saja yang dapat menunjukan situs website, atau bahkan blog yang sudah dipercaya oleh mesin pencarinya.

Off Page SEO

Off page SEO adalah dasar SEO yang digunakan sebagai cara untuk mengoptimisasi satu bentuk halaman yang terdapat dari luar situnya itu sendiri. Biasanya hal ini lebih dikenal dengan istilah Backlink. Backlink adalah bentuk halaman dari situs website atau pun blug yang Anda miliki muncul pada situs lain yang memiliki page ranking yang lebih tinggi ataupun lebih rendah.

Demikianlah info mengenai, dasar SEO yang wajib para pemula ketahui, semoga bermanfaat.

March 10, 2015

Cara Mudah Optimasi SEO Bisnis Online

Cara Mudah Optimasi SEO Bisnis Online

Cara mudah untuk membuat bisnis online Anda banyak dicari pengunjung adalah dengan melakukan optimasi SEO bisnis online Anda. Banyak orang tertarik untuk melakukan bisnis online namun tidak mengerti bagaimana mengembangkan bisnis online yang sedang mereka rintis. Kerja keras yang mereka anggap akan membuat bisnisnya berkembang justru sia-sia karena kerja keras tersebut dilakukan tanpa memikirkan cara terbaik untuk membuat bisnisnya berkembang.

Salah satu cara yang sangat efektif dan banyak disukai oleh para pebisnis online untuk mengembangkan bisnisnya adalah dengan melakukan optimasi SEO bisnis mereka.

Strategi mengembangkan bisnis online dengan melakukan optimasi SEO bukan hanya jitu namun terbukti telah mampu mengembangkan banyak bisnis online. Optimasi SEO ini biasanya dilakukan melalui banyak cara namun pada intinya optimasi dilakukan dengan memanfaatkan kerja mesin pencari.

Bisnis yang Anda optimasi biasanya akan berebut posisi yang pertama dalam hasil pencarian google. Posisi pertama dalam hasil pencarian google inilah yang akan membuat bisnis online Anda dikunjungi dan tentu saja para pengunjung ini akan digiring untuk membeli produk bisnis Anda.

Teknik Optimasi SEO

Dalam istilah optimasi SEO, terdapat 2 teknik dasar untuk melakukan optimasi SEO. Teknik yang pertama adalah SEO onpage. Teknik ini digunakan untuk optimasi SEO yang dilakukan untuk internal web atau situs. Artinya halaman Anda akan dibuat untuk menduduki posisi pertama dalam pencarian google, sehingga para pencari akan tertarik untuk membaca artikel Anda dan membeli produk bisnis online Anda.

Dalam teknik optimasi SEO onpage ini, banyak hal perlu diperhatikan. Salah satunya adalah judul. Judul yang mengandung kata kunci akan dianggap sebagai halaman yang paling relevan oleh google. Dengan relevansi yang tinggi, optimasi SEO yang Anda lakukan akan membuahkan hasil menjadi posisi nomor satu pada mesin pencari google.

Teknik optimasi SEO yang kedua adalah offpage. Teknik ini dilakukan dengan banyak cara seperti promosi blog dan juga media sosial. Untuk memastikan teknik SEO offpage ini berjalan dengan baik, Anda harus mebuat backlink yang mengedepankan anchor text. Backlink dengan anchor text akan membuat web Anda semakin banyak dikunjungi. Dan semakin banyak orang yang melakukan backlink pada web Anda, google akan menganggap web Anda semakin relevan dengan pencarian. Bisa jadi web Anda akan menjadi posisi nomor satu dalam pencarian yang dilakukan google.

Selain menggunakan dua teknik optimasi SEO diatas, ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat SEO Anda menduduki posisi nomor satu dalam setiap pencarian. Langkah-langkah tersebut adalah:

1.   Mencari kata kunci terbaik

Anda boleh tidak memiliki modal namun Anda tidak boleh kehilangan wawasan tentang cara kerja dunia online. Langkah pertama memulai bisnis Anda adalah dengan menemukan kata kunci terbaik untuk bisnis online yang sedang Anda rintis. Kata kunci ini akan membantu bisnis Anda dicari banyak orang lewat mesin pencari. Pencarian kata kunci terbaik dapat Anda lakukan melalui google dengan memanfaatkan layanan keyword tools yang disediakan oleh google secara gratis.

2.   Menggunakan domain dengan kata kunci

Membuat domain yang baik juga menjadi kunci berkembangnya bisnis online Anda. Domain tidak harus memiliki nama yang sama dengan keyword. Namun telah terbukti bahwa domain yang berisi nama yang sama dengan kata kunci memiliki banyak peluang dianggap relevan dalam pencarian yang dilakukan oleh google.

3.   Membuat permalink bagus

Membuat permalink atau URL yang bagus juga salah satu cara untuk membuat SEO Anda semakin optimal. Sebaiknya permalink dibuat dengan menyertakan judul konten yang Anda buat. Satu hal yang juga harus Anda pikirkan saat membuat permalink adalah relevansinya dengan mesin pencari. Buat permalink yang sangat disukai oleh mesin pencari sehingga tidak hanya web namun konten atau halaman Anda menjadi salah satu yang terbaik yang didapatkan mesin pencari.

4.   Konten berkualitas

Konten menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk membuat SEO Anda menjadi optimal. Bahkan teknik onpage membuat pentingnya membuat konten berkualitas menjadi 3 hal penting yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan teknik onpage untuk optimasi SEO.

Nah, itulah  Cara Optimasi SEO untuk bisnis online, Baca juga artikel belajar SEO blog untuk pemula sebagai tambahan referensi seo untuk bisnis online Anda. Semoga dapat memberikan manfaat.

March 8, 2015

Solusi Invalid Token (Hack Attempt) or Timeout di Pligg

invalid token (hack attempt) or timeout, Go back, refresh that page and try again later

Solusi Invalid Token (Hack Attempt) or Timeout di Pligg ~ Barang kali ada pengguna Pligg yang menemui masalah error "invalid token (hack attempt) or timeout. Go back, refresh that page and try again later" saat mengakses salah satu menu Pligg. Hal ini pernah terjadi pada social bookmark saya sewaktu pengeditan module - module di dalamnya.

Error ini akan tampak jika kita mencoba mengakses template, module, pulish pada menu admin dan lain-lain tetapi tidak semua menu yang diakses akan mucul pesan "invalid token (hack attempt) or timeout. Go back, refresh that page and try again later".

Sempat jengkel juga dan mencoba mengintip solusinya di forum Pligg, tapi tidak ditemukan jawabannya. Akhirnya saya coba utak-atik di sana sini dan syukur Alhamdulillah ditemukan juga solusinya.

Nah, barangkali rekan-rekan blogger ada juga yang menemui masalah seperti itu, Saya akan share cara mengatasi error pligg seperti di atas.

  • Buka File manager 2 -> Public_html -> libs -> csrf.php
  • Kemudian cari kode   $this->log('token: ' . $name . ' does not match: ' . $token); return false;
  • Ganti kode di atas menjadi   $this->log('token: ' . $name . ' does not match: ' . $token); return true;
  • Save dan Logout dari File manager 2.

Nah, sekarang silahkan di coba lagi apakah masih ada error "invalid token (hack attempt) or timeout. Go back, refresh that page and try again later".

Semoga dapat memberikan manfaat, salam sukses

March 6, 2015

Aspek-Aspek SEO Untuk Memperoleh Penulisan Artikel Yang Baik

Aspek-aspek SEO untuk Memperoleh Penulisan Artikel yang baik

Aspek SEO sebagai penentu kualitas SEO artikel Anda, sehingga tergolong artikel yang baik tak hanya tergantung dari pemilihan kata kunci yang global, penggunaan template, maupun penggunaan link building yang berkualitas, tapi yang tak kalah penting adalah masalah konten / artikel blog  yang merupakan menu utama. Inilah yang harus Anda pikirkan secara matang lebih daripada masalah yang lain.

Kekayaan kata kunci yang natural pada sebuah artikel yang baik tak hanya tergantung pada judul, meta deskripsi, atau bagian-bagian lain yang dipaksakan hanya untuk memperbanyak kata kunci. Tapi justru terdapat pada aneka kombinasi konten dari artikel itu sendiri.

Artinya  makin bagus dan berkualitas artikel Anda , sudah pasti Anda akan lebih  banyak dan akan lebih memperhatikan aspek-aspek yang penting dari sebuah SEO, sehingga akan makin banyak variasi kata kunci natural pada sebuah web / blog.

Perbedaan Artikel Blog Dengan Artikel Lain Pada Umumnya

Dengan demikian jelaslah sudah perbedaan antara sebuah artikel blog dengan aneka jenis artikel yang lain . Sebuah artikel bisa saja menyentuh, informatif, deskriptif, analogis, solutif, metaforis, bahkan mendayu-dayu dan seterusnya. Tetapi belum tentu artikel tersebut termasuk sebuah artikel blog. Mengapa ?

Sebab ada 1 poin yang belum tersentuh yaitu aspek SEO sebuah artikel. Sebuah artikel blog harus dapat  memberi perhatian penuh kepada pembaca, memberi solusi, bersifat menghibur, juga bersifat informatif, tanpa meninggalkan atau tetap memegang teguh prinsip-prinsip sebuah artikel yang baik. Semua itu belum cukup sebab tetap harus tidak bisa lepas dari konteks sebuah SEO, dimana Anda harus berjuang agar artikel Anda dapat muncul pada urutan teratas  pada mesin pencari SEO.

Aspek Aspek SEO

Inilah tips untuk proses penulisan sebuah artikel Blog , dimana Anda harus memperhatikan aspek SEO sebagai berikut :

A.    Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menulis / Posting Sebuah Artikel Blog

1.     Pilih topik yang tepat

Ini termasuk sebuah aspek penting . Pilih topik yang paling banyak dicari orang, yang paling banyak diinginkan pembaca / pengunjung internet. Sesuaikan dengan keinginan pasar, sehingga artikel Anda akan banyak dicari orang. Bukankah menulis artikel yang berkualitas sama halnya dengan berjualan suatu barang yang banyak dibutuhkan orang ?  Carilah topik tulisan yang bersifat abadi / dapat bertahan lama, sehingga topik ini harus asli atau bahkan unik.  

2.     Lakukan analisa kompetisi

Sering memperhatikan hal hal yang dilakukan oleh web kompetitor, terutama web yang mengandung  topik, niche, atau ruang tema yang sejenis dengan web Anda. Strategi artikel yang digunakan kompetitor, artikel apa yang mereka tulis serta jenis postingan, bagaimana peringkat SERP dari artikel kompetitor, dll adalah hal hal yang harus Anda perhatikan dari artikel kompetitor Anda, bahkan gunakan poin penting mereka sebagai petunjuk, dalam arti carilah celah yang masih mungkin Anda garap dalam artikel Anda..

3.     Lakukan Prediksi Trend dan Re-chek

Trend adalah sesuatu yang berkaitan dengan apa yang sedang banyak dibicarakan, jadi fokus perhatian sehingga banyak dicari. Trend yang abadi adalah topik selalu ada yang tak dapat dipisahkan dengan kehidupan.

Pasang telinga, ikuti aneka trend topik yang sedang terjadi serta jadi pembicaraan banyak orang.  Libatkan diri Anda dalam aneka media sosial , sehingga Anda dapat menemukan kata kunci yang selalu mengikuti trend yang sedang in. Inilah bukti bahwa artikel Anda selalu dinamis , sehingga banyak pembaca dan pengunjung. Sekaligus akan menunjukkan pada SEO bahwa blog anda selalu menyediakan konten yang segar dan terbaru kepada para pembaca.

4.     Tentukan Artikel Yang Layak : Perhatikan Pengunjung dan SEO

Strategi ini akhirnya hanya melibatkan 2 hal utama :

a.    Kebutuhan pengunjung
b.    Kebutuhan SEO (dalam hal ini SEO )

Keduanya saling tergantung dan bersifat sinergis, karena apa yang dibutuhkan oleh SEO adalah hal apa yang pada umumnya bermanfaat sekaligus dapat menjawab segala aspek yang dibutuhkan para pengunjung. Termasuk di dalamnya antara lain adalah kata kunci dan trend.

Anda boleh saja menulis artikel tentang kegiatan harian Anda, tapi apakah hal ini bersifat SEO, yang artinya dapat menjawab kebutuhan para pembaca pada umumnya ? Jadi berpikir lagi 1000 kali sebelum Anda menentukan sebuah topik dari artikel Anda sebab apa yang Anda tulis adalah sebuah artikel yang memperhatikan aspek SEO, bukan curahan hati Anda atau catatan harian Anda.

March 4, 2015

Mau Nulis Artikel Yang SEO Friendly ?.. Inilah Caranya !!

Mau Nulis Artikel Yang SEO Friendly
Artikel yang SEO friendly  termasuk bagian penting dari sebuah  blog / web . Sebab tanpa ada artikel, mustahil akan ada orang yang mengunjungi blog Anda. Itulah sebabnya menulis artikel dianggap cukup penting demi kemajuan dari blog milik Anda. Disadari atau tidak , ternyata untuk meningkatkan arus pengunjung ke blog Anda, mutlak diperlukan tips khusus agar web Anda tercatat di urutan teratas dari SEO Google, Yahoo, maupun yang lain.

Manfaat Artikel Yang SEO Friendly

Agar artikel  dalam blog  Anda dapat berada pada urutan teratas pada berbagai  mesin pencari , maka artikel dalam blog Anda harus bermanfaat untuk para pembaca web Anda. Ada pepatah  yang beranggapan bahwa “ Isi Artikel Adalah Raja “ , yang berarti apapun cara Anda , yang paling utama untuk diperhatikan adalah isi daripada artikel Anda yang harus 100% berorientasi pada azas kemanfaatan  dan berkualitas bagi para pengunjung web Anda.

Di Google memang pemilihan keyword, template maupun link building dengan kualitas bagus  juga diperlukan, tapi tanpa didukung isi artikel yang  berkualitas , maka hasil yang Anda peroleh hanya akan sia sia saja.


Hal Yang Harus Ada Pada Artikel Yang SEO Friendly

Inilah hal - hal yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh artikel yang SEO friendly  :

1.     Judul Artikel Harus Mengandung Keyword Dan Menarik

Judul termasuk hal utama yang harus Anda tentukan sebelum menulis sebuah artikel. Ingat bahwa judul artikel Anda harus mengandung keyword dan harus menarik sehingga akan sangat mudah dicari oleh mesin pencari Google atau yang lain.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya letakkan keyword yang Anda kehendaki di awal paragraf, di tengah paragraf, di akhir paragraf, atau di belakang judul dari artikel Anda. Judul artikel yang baik sebaiknya terdiri dari 4 - - 5 kata saja . Yang penting, untuk menghindari tingkat persaingan antar blog yang ada, sebaiknya judul artikel harus lebih dari 3 kata.
  
2.     Keyword Harus Ditempatkan Secara Tepat

Artikel yang SEO friendly umumnya terdiri dari 300 – 400 kata, sebab untuk Yahoo minimal 5% dari total jumlah kata dalam artikel tersebut merupakan keyword, untuk Google 1,5% - 3,5% dari total jumlah kata adalah keyword.

3.     Gunakan Bahasa Baku Yang Benar dan Baik

Saat Anda menulis sebuah artikel, penggunaan bahasa baku yang benar dan baik kadang terasa sangat janggal dan sulit. Tapi hal ini mutlak harus Anda terapkan pada artikel Anda. Jangan terpengaruh oleh kebiasaan harian Anda yang sering menggunakan  bahasa yang tak baku.

4.     Optimalkan Permalink

Permalink / Permanen Link merupakan sebuah link atau URL yang sudah tak dapat diubah lagi sebab sudah permanen. Penggunaan permalink pada web Anda , akan memiliki peran yang sangat penting untuk memperoleh posisi yang bagus di berbagai mesin pencari. Permalink yang baik mengandung keyword yang tepat. Anda dapat gunakan Permalink Otomatis ( URL menyesuaikan judul artikel Anda) maupun Permalink Khusus ( URL dapat diubah sesuai keinginan Anda).

5.     Perhatikan Format Tulisan Artikel Anda (Italic, Bold, atau Underline)

Atur format tulisan artikel Anda dengan penggunaan secara maksimal fungsi  Italic, bold, atau Underline. Fungsi ini dapat  lebih memberi tekanan pada mesin pencari agar keyword yang Anda  gunakan punya format tulisan yang lain, sehingga mesin pencari Yahoo / Google dapat lebih mudah mendeteksi keyword Anda.

6.     Atur Format Heading Artikel

Dalam sebuah artikel yang seo friendly harus memiliki format baik pula agar mesin pencari dapat membedakan bagian yang penting dan kurang penting. Untuk Menunjang hal itu maka format heading artikel yang SEO Friendly adalah :

Format Special Untuk Judul Blog => H1

Format Heading Artikel =>
                                              H2  Untuk Judul Artikel
                                              H3  Untuk sub judul
                                              H4  Untuk Minor Judul

Saat mesin pencari menemukan tanda seperti itu maka secara otomatis akan memberikan prioritas utama pada H1, kemudian H2 , H3 , H4 dan seterusnya. Utamanya posisi H1 hanyalah untuk Judul blog saja, Ada pendapat lain bahwa penggunaan format dynamic heading akan mendapatkan manfaat lebih baik lagi dalam hal pencarian, Untuk jelasnya baca saja cara membuat dynamic heading blog

7.     Gunakan Deskripsi Penelusuran

Jangan pernah lupa untuk selalu mengisi Search Description / Deskripsi Penelusuran  yang terdapat pada sisi sidebar blogger.  Gunakan beberapa keyword unik, gunakan kalimat tambahan yang belum tercantum pada postingan Anda . Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan para  pengguna internet saat ingin mencari sebuah artikel melalui SEO. Ini lebih sering disebut sebagai Meta Deskripsi .

8.     Optimalkan Penggunaan Internal Link

Penggunaan Internal Link banyak manfaatnya, seperti :

Internal link umumnya mengarah pada artikel lain di dalam blog Anda , dengan fungsi untuk sebuah penjelasan yang lebih spesifik tentunya harus relavan, artinya artikel Anda dapat memperoleh pagerank google secara lebih merata, sebab ada banyak artikel yang saling berkaitan. Selain itu dapat mengurangi bounce rate, sebab  banyak pengunjung lebih suka  membuka internal link yang terdapat di  tiap artikel, dapat memberi penjelasan secara lebih spesifik, juga dapat menambah pageview blogger, Anda.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar Anda dapat membuat artikel yang SEO friendly.

March 3, 2015

Belajar SEO Blog Untuk Pemula

Belajar SEO dengan Mudah dan Cepat
Belajar SEO Blog Untuk Pemula ~ Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar istilah SEO, jangan merasa kecil hati karena belajar SEO adalah perkara yang tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memupuk sikap sabar dan juga tekun untuk bisa menghasilkan SEO yang berkualitas. SEO sendiri adalah metode yang digunakan untuk membuat keyword mendapatkan posisi nomor satu pada mesin pencari.

Untuk mendapatkan posisi nomor satu ini, Anda tidak memerlukan rumus tertentu hanya beberapa strategi jitu sehingga SEO buatan Anda benar-benar berkualitas dan mendapatkan posisi nomor satu dalam setiap pencarian pada mesin pencari.

Kaitan SEO dengan Relevansi

Ada dua teknik yang banyak digunakan para pembuat SEO yang mengoptimasikan SEO yang mereka buat. Dua teknik tersebut adalah SEO Onpage dan SEO Offpage. Tidak peduli teknik mana yang akan Anda gunakan untuk optimasi SEO Anda, relevansi harus menjadi dasar teknik optimasi yang Anda lakukan.

Relevansi ini erat kaitannya dengan mesin pencari terbesar di dunia yakni Google. Biasanya Google akan memberikan hasil pencarian yang paling relevan kepada para penggunanya. Mencari hasil yang paling relevan untuk penggunanya merupakan strategi jitu google untuk menjaga pelanggan atau pengunjungnya tidak pergi ke mana-mana.

Jika sampai Google kehilangan banyak pengunjung karena tidak bisa mendapatkan hasil pencarian yang paling relevan kepada pelanggannya, bisa dipastikan penghasilan google yang sebagian besar berasal dari iklan, akan turun secara tajam. Karena itu memastikan SEO yang Anda buat relevan dengan pencarian yang dilakukan google adalah sebuah keharusan jika Anda ingin SEO yang Anda buat berkualitas. Belajar SEO dengan memahami relevansi ini akan membuat Anda semakin mudah membuat SEO yang berkualitas.

SEO Onpage

Teknik ini digunakan oleh para pembuat SEO untuk mengoptimasi halaman SEO yang mereka buat. Teknik ini lebih dikenal sebagai teknik untuk optimasi internal situs. Selama ini banyak kesalahan dibuat oleh para pembuat SEO dengan melakukan optimasi pada situs atau web buatannya. Padahal yang menunjukkan relevansi paling tinggi yang dipilih google bukanlah situs melainkan halaman. Jadi segera ubah strategi Anda pada mengoptimasi halaman SEO dengan menggunakan teknik Onpage.

Ada beberapa hal paling penting yang harus Anda ketahui terkait teknik optimasi Onpage ini. Pertama adalah tentang judul atau title. Judul sangat disarankan untuk mengandung keyword yang akan digunakan sebagai target pembuatan SEO. Aturan dasar membuat judul ini adalah dilarang keras untuk menggunakan judul yang hanya berisi keyword karena terkadang google akan melakukan saringan pada hasil pencarian yang hanya menggunakan keyword dalam judulnya.

Hal kedua adalah konten. Konten yang bagus tidak berisi banyak keyword melainkan hanya terdiri dari beberapa keyword. Untuk membuat konten dengan baik, kemampuan Anda menyusun konten sangat diperlukan. Hal yang ketiga adalah permalink atau URL. Sangat disarankan bagi Anda untuk membuat permalink yang relevan dan bersahabat dengan mesin pencari. Biasanya permalink yang sangat disukai google adalah permalink yang juga terdapat keyword.

SEO Offpage

Optimasi SEO dengan teknik offpage ini adalah cara google untuk mengetahui seberapa besar relevansi situs atau web milik Anda berdasarkan pemilihan yang dilakukan oleh situs lainnya. Pemilihan ini biasanya dilakukan dengan seberapa banyak situs lain  melakukan permalink pada situs milik Anda.

Semakin banyak permalink yang dilakukan pada situs Anda, maka google akan semakin merasa bahwa situs Anda sangat relevan dan terpercaya. Cara yang biasanya digunakan untuk optimasi offpage adalah backlink, promosi blog dan bisa juga dengan social buzz.

Backlink sendiri dibuat dengan cara tertentu yang menekankan pada penggunaan anchor text. Tidak banyak yang mengenal anchor text padahal anchor text ini memberikan pengaruh yang besar pada optimasi situs Anda. Anchor text ini adalah kata yang dibuat untuk membuat pengunjung mengetahui ke mana dia akan diarahkan terkait pencarian yang dilakukannya.

Karena itu sangat penting membuat permalink yang menggunakan anchor text. Promosi blog dan social buzz juga dapat membuat SEO Anda semakin optimal. Dengan banyaknya pencari melakukan klik pada blog dan juga media sosial maka semakin tinggi pula optimasi SEO yang Anda buat. Belajar SEO dengan menerapkan teknik ini akan membuat kemampuan Anda membuat SEO semakin terasah.

March 2, 2015

Apa Itu Bounce Rate (Rasio Pentalan) ?

Apa Itu Bunce Rate (Rasio Pentalan) ? ~ Di kalangan blogger sering kali terdengar sebutan Bouce Rate atau dalam Google Analytics disebut Rasio Pentalan. Para blogger menjadikan hal ini sebagai salah satu tolak ukur kualitas artikel yang berada di dalam blog / websitenya, Karena semakin tinggi bounce rate suatu blog maka semakin buruk kualitas artikel di dalamnya dan semakin rendah bounce rate maka semakin baik kualitas blog / website tersebut.

Apa sebenarnya Bounce Rate itu ?

Bounce rate berasal dari Bahasa Inggris yang dapat diartikan menjadi tingkat bouncing. Dan dalam dunia blogging, bouce rate diartikan sebagai waktu rata-rata pengunjung untuk membuka suatu halaman blog / website yang dinyatakan dalam percentase.

Parameter bounce rate (rasio pentalan) sering kali terlihat pada tools traffic, misalnya Histats, Alexa Rank, Google Analytics dan lain-lain. Dalam perkembangannya parameter bounce rate ini juga dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan untuk memasang iklan. Jika bounce rate rendah maka banyak advertiser yang akan melirik blog /website tersebut. Karena para advertiser akan menilai bahwa rendahnya bounce rate merupakan kualitas tinggi dari sebuah blog / website.

Relavansi dari setiap artikel yang dicari oleh pengunjung merupakan faktor penyebab tinggi rendahnya bounce rate tersebut. Pengunjung yang mencari suatu artikel menggunakan keyword tentu akan menilai apakah blog / website yang dikunjunginya memiliki bahan bacaan yang dicarinya. Jika ya maka pengunjung tentu akan membuka lebi lama halaman tersebut. Tetapi jika tidak, maka besar kemungkinan pengunjung akan segera meninggalkan halaman tersebut untuk mencari blog / website yang lain.

Dan untuk mengukur percentase bounce rate suatu blog /website, ada beberapa faktor deteksi setelah pengunjung berada pada landing page ( halaman awal ), antara lain :

  ~ Saat Pengunjung mengklik tombol “back” pada browser
  ~ Saat Pengunjung mengetikkan URL yang baru pada browser
  ~ Saat Pengunjung melakukan klik iklan
  ~ Saat Pengunjung melakukan klik link eksternal
  ~ Saat Pengunjung menutup window / tab browser pada halaman yang dia kunjungi

Jika hal tersebut di atas dengan cepat dilakukan oleh para pengunjung maka besar kemungkinan akan menimbulkan efek bounce rate yang tinggi ( bisa mencapai di atas 80%),

Angka Ideal Untuk Bounce Rate

Penilaian suatu blog / website dikatakan memiliki bounce rate rendah masih sangat bergantung kepada jenis website / blog itu sendiri. Website yang berbasis penjualan / toko online cenderung memiliki bounce rate tinggi, Karena pengunjung lebih utamanya mencari produk keingingan, kemudian beli, setelah itu pergi dan menutup website tersebut.

Lain halnya dengan website / blog yang berbasis konten / tutorial yang cenderung memiliki bounce rate lebih rendah, Karena pengunjung lebih banyak menggunakan waktunya untuk membaca artikel, mempelajari ataupun bertanya. Walaupun banyak tersedia tools untuk menimbang pergerakan bounce rate, ada tools yang dianggap berakurasi tinggi terhadap nilai bonce rate yaitu Google Analytics.

Google Analytics dianggap memiliki gambaran lebih pasti terhadap tinggi rendahnya perolehan bounce rate. Meski demikian percentase bounce rate masih sulit untuk menentukan angka yang dinyatakan bahwa suatu blog / website memiliki bounce rate rendah atau tinggi.

Ada yang mengatakan bahwa jika website atau blog memperoleh bouce rate lebih dari 80 % maka dianggap sangat tinggi dan dinyatakan bahwa kualitas website / blog buruk. Namun jika bounce rate bernilai antara 50%-80 % maka dianggap normal. Selain itu dianggap sangat bagus dan ideal ( 0 - 50%).

Nah, dari paparan di atas tentunya Anda sudah lebih paham apa itu bounce rate ( rasio pentalan ) ? dan kategori mana yang termasuk bounce rate untuk blog / website Anda ?

Sekian postingan kali ini, Semoga dapat memberikan manfaat. Salam sukses.