Cara Membuat Blog Gratis Sendiri Menggunakan Blogger

Cara Membuat Blog Gratis Sendiri Menggunakan Blogger ~ Saat ini blog pribadi semakin hari semakin banyak diminati, tumbuh... dan berkembang dalam dunia internet.. Banyak sekali fungsi dan kegunaan sebuah blog. Dari sekedar hobby menulis, berbagi tutorial hingga mencari uang di internet juga dapat menggunakan blog sendiri. Jadi intinya seseorang yang sudah mempelajari cara membuat blog dapat menuangkan ide dan pikirannya sesuai dengan keinginan pribadi sendiri.

Untuk membantu para blogger pemula yang ingin mengetahui cara membuat blog sendiri dan juga belum tahu cara menggunakan blog sama sekali maka blog ini bermaksud untuk memberikan langkah-langkahnya. Ikuti saja panduannya yak....

Untuk membantu mempermudah menjelaskan cara membuat blog dan menggunakan blog saya akan menggunakan platform dari blogger.com yang bisa digunakan secara gratis. Platform ini memberikan akses tanpa harus membayar sedikitpun, hanya saja hasil akhir domainnya akan menggandeng blogspot.com. Tapi jangan khawatir, hal ini dapat mudah diganti dengan domain berbayar seperti .com, .net, .net.id, .org sesuai dengan kehendak.

Cara Membuat Blog Gratis

1. Sebelum memulai cara membuat blog, Siapkan email gmail terlebih dahulu, jika belum memiliki email silahkan baca artikel cara membuat email untuk membantu Anda membuatnya. Perlu diketahui bahwa untuk membuat blog ini tidak bisa menggunakan email dari yahoo karena syarat utama membuat blog dari blogspot adalah harus memiliki email gmail yang merupakan produk Google juga.

2. Setelah email gmail dibuat silahkan langsung ketik alamat www.blogger.com pada browser, Isi alamat email dan password anda (sama dengan email yang dibuat tadi) kemudian tekan  Enter.

cara membuat blog gratis sendiri menggunakan blogger
cara membuat blog gratis

3. Pilih bahasa yang akan digunakan, kemudian klik lanjutkan.


cara membuat blog gratis sendiri
cara membuat blog gratis sendiri


4. Klik tulisan 'Blog Baru' seperti yang ditunjuk pada gambar di atas


cara membuat blog
cara membuat blog gratis



5. Isi JUDUL yang nantinya untuk nama blog anda, usahakan judulnya sesuai dengan thema blog yang ingin anda buat. Jangan terlalu panjang, contoh judul blog ini adalah belajar menjadi blogger.

Kemudian di bagian ALAMAT isi alamat untuk blog yang nantinya disebut sebagai URL. Usahakan jangan terlalu panjang agar mudah diingat.

Jika alamat blog yang diisi di kolom belum ada yang menggunakannya maka akan ada tampilan pesan 'alamat ini tersedia'. Ini berarti alamat tersebut bisa anda gunakan untuk nama blog anda. Tetapi jikalau tampil tanda seru (!) berwarna kuning, maka harus mencari alamat lain.

tips :
Apabila alamat blog sudah ada yang menggunakan, Anda bisa gunakan angka atau tanda strip (-) untuk menyisipkannya


6. Kemudian pilih TEMPLATE yang ada di bawahnya sesuai dengan keinginan anda, saran saya pilih template yang simple saja untuk memulainya, karena template ini bisa anda ganti sewaktu-waktu nanti.


cara membuat blog gratis sendiri


Baca juga cara mengganti template blog untuk membantu anda mengganti template tersebut.

Jika sudah ada pilihan template klik saja Buat Blog!. Sampai di sini cara membuat blog gratis anda sudah selesai dan tentunya anda sudah bisa mulai menggunakan blog tersebut.

Sobat blogger juga bisa membaca artikel cara membuat blog di wordpress jika ingin tahu cara membuat blog dari platform WordPress, Tetapi saran saya sebaiknya pahami dan pelajari yang berplatform blogger ini dahulu agar nantinya akan lebih mudah memahami platform lainnya.

Nah, setelah selesai membuat blog, Daftarkan blog ke mesin pencari. Hal ini perlu dilakukan agar blog Anda dapat ditemukan jika ada yang mencarinya. Jikalau hal ini tidak dilakukan maka jangan harap blog Anda akan dapat terbaca oleh orang lain. Berikut ini cara mendaftarkan blog ke mesin pencari Google. Silahkan disimak dan ikuti langkah-langkahnya.

Mendaftarkan Blog ke Mesin Pencari Google

  • Ketik di browser : https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url  , ENTER
  • Masukkan USERNAME dan PASSWORD
  • Masukkan alamat blog yang sudah dibuat sebelumnya
  • Masukkan teks yang terlihat pada bidang kosong bertuliskan "KETIK TEKS" atau 
  • Klik kotak kecil bertuliskan " I'm not a robot "
  • Klik  " KIRIM PERMINTAAN"   atau "Submit Request"

Jika berhasil melakukan proses ini maka akan ada tampilan seperti di bawah ini :

cara membuat blog gratis sendiri
Coba cek di browser apakah nama blog baru tersebut sudah ada ? Jika belum maka tunggulah ... mesin pencari memerlukan waktu maksimal 2 hari untuk memenuhi permintaan Anda.

Ok, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya ya..

Cara Membuat Blog Sendiri Lebih SEO

Langkah selanjutnya setelah tahu cara membuat blog gratis dan mendaftarkan blog ke mesin pencari, maka tinggallah bagaimana cara menggunakannya untuk menulis artikel.  Tapi sebelum memulai untuk menulis maka perlulah melakukan setting dasar pada blog Anda agar blog menjadi lebih SEO. Perlu diketahui bahwa blog yang baru selesai dibuat (default) tidak akan ada settingannya, Hal ini menyebabkan blog kurang terbaca dengan baik di mesin pencari dengan kata lain tidak SEO. Berikut ini langkah-langkahnya.

Login ke blogger, Kemudian perhatikan gambar di bawah ini.

Klik saja kolom tengahnya, arahkan ke bawah dan pilih SETTING / SETELAN (terletak bagian bawah menu blog)  Kemdian Anda akan diarahkan ke setelan dasar.

cara membuat blog gratis dan menggunakan blog
cara menggunakan blog


Temukan dan Isi saja kolom deskripsi tersebut dengan deskripsi yang menggambarkan thema blog. Hal ini penting karena ketika ada orang lain mengunjungi blog Anda mereka akan membaca deskripsi tersebut akan mempunyai gambaran isi blog.

Kemudian klik EDIT pada kolom privasi, Buat settingannya agar terlihat seperti gambar di bawah ini agar mesin pencari dapat menelusuri blog anda nantinya. Klik  SIMPAN PERUBAHAN


cara membuat blog dan cara menggunakan blog


Kembali ke menu SETTING, pilih PENELUSURAN dan anda akan lihat menu seperti gambar di bawah ini.

isi TAG META DESKRIPSI. Boleh isi seperti deskripsi sebelumnya. Deskripsi tag meta ini akan memberikan gambaran tentang homepage blog (halaman utama).

Jangan isi kolom kesalahan dan pengalihan (lewati saja), langsung klik EDIT pada bagian robots.txt.


cara membuat blog pribadi

Kemudian ... Isilah kolom yang kosong dengan teks di bawah ini

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: Googlebot
Disallow: /search
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /
Disallow: /?m=1
Disallow: /?m=0
Disallow: /*?m=1
Disallow: /*?m=0

Sitemap:http://alamatblog.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated&max-results=400

Ganti teks berwarna merah dengan alamat blog anda dan simpan perubahan, dan cara membuat blog lebih seo sudah selesai kini anda sudah lebih siap untuk membuat artikel sesuka hati anda melalui editor blog. Tetapi saya sarankan perhatikan menu atau icon-icon yang terdapat pada editor blog agar nantinya bisa menggunakannya dengan baik saat menulis artikel.

Mengenal Icon Menu Editor Blog


1. Untuk membuat artikel, klik saja gambar pensil yang ada di bagian atas menu utama / dashboard. Isi Entri tersebut, yang nantinya akan menjadi judul artikel. Tulislah pada bidang kosong bagian tengah yang akan menjadi isi artikel blog anda. Setelah selesai menulis jangan lupa klik simpan (biasanya otomatis menyimpan).

2. Artikel yang tidak selesai dibuat dan belum dipublikasikan akan tersimpan dalam bentuk DRAFT, Anda bisa mengedit draft tersebut dengan cara masuk ke POS >> Pilih Draft artikel >> Klik EDIT

3. Untuk melihat hasil tulisan artikel sementara silahkan klik PRATINJAU, menu di samping kanan atas layar editor Anda.

4. Isikan juga LABEL di menu samping kanan editor, Fungsi label ini menandakan kategori artikel yang sedang dibuat misalnya kategori resep, tips, tutorial, bisnis dan lain lain. Isi menggunakan kata kata anda sendiri.

5. Lewati menu JADWAL, jangan diisi apabila ingin langsung mempublikasi artikel. Umumnya blogger tidak menggunakan menu yang satu ini, Jadi boleh Anda abaikan

6. Klik menu LINK, jika judul blog anda pendek maka biarkan saja ia bekerja secara otomatis, tetapi jika judul panjang gunakan tautan permanen khusus. Kemudian isi saja judul artikel anda dengan di selingi tanda ' - ' pada setiap kata.  Kosongkan tautan lampiran, lewati saja dan klik selesai.

7. Kemudian klik lagi DESKRIPSI PENELUSURAN pada bagian bawah menu sebelumnya. Isilah deskripsi singkat tentang isi artikel anda, Bila perlu tambahkan kata kunci artikel yang menjadi target dan hal ini akan membuat artikel semakin SEO di mata mesin pencari untuk menelusuri artikel tersebut. jika sudah klik selesai.

8. Lewati menu PILIHAN jika tidak paham tentang mode tulis dan baris baru

9.Menu TAG ROBOT KHUSUS , Fungsi menu ini untuk memberikan perintah ke mesin pencari, Jadi biarkan dalam kondisi DEFAULT saja.

10. Pada bagian menu atas terdiri dari beberapa bagian, bagian teks, bagian link, bagian gambar.

  Perhatikan gambar di bawah ini

cara membuat blog gratis dan menggunakan blog pribadi


Penggunaan link pada nomor 1 adalah meletakan link sesuai dengan kebutuhan, misalnya anda menginginkan suatu teks dapat ditautkan dengan artikel lain maka kliklah nomor 1 tersebut. Caranya...


cara membuat blog gratis

  • Isi text to display dengan nama link, 
  • Pada Web address isi alamat link yang dituju 
  • Klik Open this link in a new window jika ingin terbuka jendela baru ketika ada yang klik link tersebut. 
  • Centang Add 'rel=nofollow' attribute apabila link di tujukan ke URL blog lain, Biarkan kosong (tidak usah dicentang) bila menuju ke blog itu sendiri.

Selanjutnya, Menu pada gambar nomor 2 digunakan untuk upload gambar pada artikel. Jika artikel ingin disisipi gambar silahkan menggunakan menu ini. caranya :

  • Klik icon nomor 2
  • Klik PILIH FILE 
  • Pilih file gambar yang ada di direktori pc. 
  • Jika anda telah mengetahui url gambar tersebut bisa menggunakan menu 'from url'. Setelah itu klik 'add selected' dan gambar akan diupload pada artikel. Usahakan gambar yang diupload tidak terlalu besar filenya (kalau bisa jangan melebihi 25 kb) jika terpaksa untuk melebihi, sobat blogger bisa kompress gambar tersebut.

Jika artikel dirasa sudah cukup dan selesai dibuat maka lakukanlah publikasi dengan meng-klik menu publikasikan pada menu dashboard.

Jangan lupa submit artikel ke mesin pencari, bacalah artikel cara mendaftarkan sitemap ke google  untuk membantu anda agar artikel dapat terbaca oleh mesin pencari. Apabila artikel yang sudah Anda tulis tapi tidak di submit maka tidak akan ditemukan oleh orang lain.

Banyak sekali kegunaan sebuah blog antara lain digunakan untuk mencari uang, sebagai tempat curhat, tempat cerita, membuat toko online, bahkan sebagai sumber berita, dan masih banyak lagi kegunaan dari blog.

Demikianlah artikel cara membuat blog gratis sendiri menggunakan blogger, semoga dapat memberikan manfaat , salam blogger.