CARA MENGGUNAKAN TWITTER DENGAN MUDAH

cara menggunakan twitter dengan mudah
 Cara menggunakan twitter dengan mudah ~ Setelah Anda memiliki twitter tentulah perlu tahu cara menggunakan twitter juga bukan ? Bagi seorang pemula tentu akan menemui kesulitan dalam mengoperasikannya, apalagi istilah-istilah yang akan ditemui masih asing baginya.

Sebelumnya telah dibahas juga cara membuat twittter, dan kali ini saya akan bahas bagaimana cara menggunakan twitter dengan disertai pula istilah-istilah yang umumnya dipergunakaan dalam dunia twitter.

Cara menggunakan twitter


1. Profil
Lengkapi terlebih dahulu biodata akun twitter dengan mengisi profil Anda, sehingga informasi atau identitas tentang pengguna dapat dengan mudah ditemukan dan jelas asal muasal si pemilik akun tersebut. Klik saja gambar roda dan pilih edit profil jika ingin mengedit profil Anda.

2. Tweet / Kicauan
Update status sangatlah membantu tingkat kepopuleran suatu akun, jadi twett adalah merupakan hasil status berupa tulisan atau bisa disamakan dengan proses update status di facebook. Setiap ada tweet baru maka secara otomatis akan terbaca / terlihat pula oleh para pengikut / follower Anda. Jika mau membuta tweet baru, klik saja gambar bulu di pojok kanan atas.

3. Istilah - istilah

Tweet : Tulisan yang tampil dilayar twitter seperti proses update status facebook

ReTweet : Mengulang tweet dari orang lain yang akan dibagikan ulang agar dapat terbaca oleh follower kita

Follower : Artinya adalah pengikut , pengguna yang mengikuti update status pengguna lain

Reply : Balas, membalas tweet yang masuk ke twitter kita

@ : Kita sebut Mention , yang fungsinya untuk memberikan pesan khusus yang dialamatkan kepada pengguna twitter yang merupakan follower kita. Misalnya kita ingin memberikan pesan singkat kepada ID Ayamkalkun, cara penulisannya adalah  : @Ayamkalkun mau nontong bola bareng gak malam ini ?

# : Disebut juga Hastag : untuk mendiskusikan suatu topik yang sama

Favourites : Mungkin kita sebut saja dengan istilah bookmark, dimanfaatkan untuk menyimpan tweet agar tidak menjadi hilang sehingga dengan mudah dapat dibuka setiap saat.

Trending Topic : Merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan baik itu secara nasional maupun internasional

4. Langkah penggunaan

gambar menu utama ( pilihan )

cara menggunakan twitter dengan mudah ~ menu utama

segala aktifitas menggunakan twitter dapat diakses langsung pada menu utama ini, dan untuk jelasnya dapat disimak  penjelasan berikut :

A. Beranda
Anda dapat melihat kiriman tweet dari pengguna yang kita ikuti , demikian juga tweet / update status kita sendiri akan tetap terlihat, seperti tampak gambar di bawah ini :
  • Tweet / update status
cara menggunakan twitter dengan mudah ~ tweet
  • Membuat tweet
Pada layar kanan ada kotak kecil yang dapat diisi, disitulah tempate membuat tweet / update status sebanyak 140 karakter dan dapat disertai dengan gambar. Update status akan terlihat oleh follower kita.
Jika selesai menulis tweet, klik saja "Tweet" dan akan langsung dipublikasi

cara menggunakan twitter dengan mudah ~ membuat tweet

Pada layar kotak ini informasi jumlah tweet adalah 98 artinya ada 98 update status yang telah saya buat, 13 mengikuti artinya ada 13 pengguna yang saya ikuti, 4 pengikut artinya ada 4 pengguna yang telah menjadi follower saya.

B. Notifikasi
Berupa pesan yang akan tampil otomatis jika ada kiriman pesan, update terbaru. Disini pula ditampung "Sebutan" berupa tweet favorit dan lainnya.

C.  #Temukan
  • Tweet dari pengguna yang telah kita follow akan dapat terlihat disini. Jadi apapun update dari pengguna akan selalu ditampakkan.
  • Aktivitas : hampir sama dengan Tweet di atas, update terbaru dari pengguna yang telah kita ikuti akan selalu ditampilkan
  • Untuk diikuti : berupa pengguna lain yang ditawarkan untuk kita ikuti jika tertarik

cara menggunakan twitter dengan mudah ~ follow
  • Temukan teman : pada area ini Anda dapat menambah teman melalui akun lain, berupa Gmail, AOL, Hotmail, Yahoo atau pun dapat memberikan undangan ke teman untuk diajak bergabung ke akun Anda.
  • Akun populer : di sini merupakan pengguna twitter yang populer saat terakhir, jadi setiap akun yang sedang booming akan selalu ditampilkan di area ini.  Klik saja akunnya dan akan ditawarkan untuk Anda lihat dan ikuti.

D. Saya
Pada wilayah ini Anda akan melihat segala aktifitas akun twitter Anda, berupa update-update yang telah Anda tulis atau berupa tautan yang telah dikaitkan. Profil yang telah dibuat akan dapat terlihat langsung di area ini.


E. Pesan ( gambar surat )
Digunakan untuk melihat pesan langsung untuk Anda dan Andapun dapat membuat pesan untuk rekan pengguna lain dengan sangat mudah.


F. Pengaturan dan Bantuan ( gambar roda )
Untuk dapat mengatur akun dapat melalui menu ini. Di sini dapat pula petunjuk cepat untuk mengelola akun yaitu dengan menggunakan pintasan papan ketik, dengan kata lain menggunakan jalan pintas untuk menuju menu yang diinginkan

cara menggunakan twitter dengan mudah ~ pintasan keyboard

Misalnya ingin membuat tweet baru maka cukup menekan tombol keyboard  ' n ' maka akan langsung tampil menu untuk membuat tweet baru.

Jika selesai menggunakan twitter Anda dapat Logout dari menu pengaturan F ini.

Demikianlah cara menggunakan twitter dengan mudah , semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda, salam sukses.