May 24, 2013

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website

Bagaimana Cara Meningkatkan Traffic Blog atau Website - Traffic blog merupakan 'nyawa' dari suatu blog yang sangat diharapkan kehadirannya. Bila blog tanpa  kehadiran pengunjung maka apa yang telah kita tulis hanyalah sia sia belaka. Karena alasan itulah maka orang berlomba-lomba mencari cara meningkatkan trafik blog demi tujuan mendapatkan pengunjung yang banyak.

Lain halnya jikalau umur blog masih kategori baru maka lumrah sekali akan hal itu. Seperti seorang bayi yang baru belajar berjalan tentunya tidak dapat berjalan dengan cepat dan kokoh seperti seorang dewasa bukan ?.

Jadi traffic blog menjadi suatu target yang sangat diperjuangkan oleh semua blogger, tentunya dengan pengharapan apa yang telah kita tulis dapat dibagikan dan dapat bermanfaat untuk orang lain

Artikel kali ini bermaksud mengemukakan cara meningkatkan traffic blog yang tentunya untuk  diterapkan pada blog yang masih baru.
cara meningkatkan traffic blog atau website

Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Umum

1. Daftarkan blog anda ke berbagai search engine

Hal ini bermaksud agar blog kita dapat terindeks di berbagai search engine, sehingga bila ada yang mencari artikel maka diharapkan artikel kita sudah terdapat di direktori search engine tersebut dan inilah yang menyebabkan kenaikan traffic blog kita. Bagaimana mungkin dapat meningkatkan pengunjung jika blog kita saja tidak terdapat dalam search engine / mesin pencari.

2. Lakukan blogwalking

Dengan melakukan blogwalking atau kunjungan ke blog lain, selain dapat menjalin siraturahmi antar sesama blogger juga tentunya akan mendapatkan backlink dari blog yang kita kunjungi. Biasanya jika blogwalking ke blog lain maka akan ada kunjugan balasan dari blog tersebut dan kita sebaiknya mengunjungi kembali jika ada blog lain yang berkunjung ke blog kita dan timbal balik yang saling menguntungkan ini akan meningkatkan traffic blog / website kita.

3. Buat konten yang menarik

Salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog yang boleh dibilang mudah tapi sulit adalah membuat konten yang menarik dan tentunya orisinil. Kesulitan yang dimaksud di sini adalah kesulitan mendapatkan ide ide untuk membuat artikel yang menarik tersebut. Buat juga artikel yang sedang hangat dibicarakan sehingga akan mendapatkan prioritas pencarian lebih banyak.

4. Keyword

Buat artikel menggunakan keyword yang banyak dicari, sobat blogger bisa membaca artikel tentang cara memilih keyword untuk membantu anda menemukan kata kunci yang banyak dicari tersebut dan inilah yang menjadi kunci utama dari cara meningkatkan traffic blog. Optimasikan juga blog anda agar bisa menempatkan artikel anda menempati page 1 pencarian google. Penempatan halaman pertama blog kita inilah yang paling meningkatkan traffic blog dan tentunya juga yang paling sulit dilakukan.

5. Optimasi Seo

Penting sekali suatu blog mengoptimasi seo blognya dengan baik sehingga perolehan traffic blog akan sangat terasakan oleh kita. Jika sobat blogger belum tahu cara mengoptimasi seo maka sobat bisa membaca artikel Cara optimasi Seo Onpage dan artikel Cara optimasi Seo Offpage

6. Update artikel rutin

Salah satu yang menjadi urat nadi untuk meningkatkan traffic blog adalah adanya update artikel secara rutin, semakin rutin update artikel blog anda maka semakin banyak juga ragam kata kunci / keyword yang terdapat pada blog,  sehingga saat pencarian lebih memungkinkan akan terbaca keyword pada artikel anda.

7. Social bookmark

Manfaatkan social bookmark yang ada , jangan ragu untuk bergabung ke dalamnya. Misalnya saja twitter, facebook, gabung juga ke dalam forum forum dan jangan ragu juga untuk berkomentar. Seperti yang kita tahu bahwa sosial bookmark mendapatkan traffic kunjungan yang luar biasa, sehingga harapan kita akan kecipratan traffic tersebut.

8. Manfaatkan situs tanya jawab

Misalnya saja anda dapat bergabung ke situs tanya jawab yahoo aswer. Upayakan untuk bergabung ke dalamnya dan tinggalkan link anda jika ada pengunjung yang ingin mendapatkan informasi yang lebih detil lagi.

Cara Meningkatkan Traffic Blog Secara Khusus


9. Buka box komentar untuk semua orang

Untuk yang satu ini saya mencoba untuk menelitinya, dan hasilnya cukup mempengaruhi pengunjung blog ini.. Jadi aturlah tempat untuk berkomentar dengan settingan untuk semua orang, jangan berupa pengguna terdaftar, jangan berupa pengguna dengan akun google (kecuali trafik sudah lumayan), jangan hanya anggota blog ini. Kenapa ? Ada kecenderungan pengunjung akan malas untuk berkomentar dengan ketiga tipe terakhir tersebut, karena tidak mendapatkan backlink dari blog anda yang memasang box komentar seperti itu, sehingga pengunjung yang sudah tahu tidak akan mau untuk kembali mengunjungi blog tersebut. Memang tidak menjadi keharusan untuk mensetting box komentar seperti itu. Tapi dari hasil pengamatan yang telah saya lakukan di beberapa blog yang awalnya traffik tinggi tiba tiba anjlok tidak karuan lantaran menggunakan box komentar seperti itu.


box komentar mempengaruhi traffic pengunjung blog


10. Kecepatan loading blog

Kalau loading suatu blog sangat lambat maka tidak menutup kemungkinan akan menyebabkan kemunduran traffik blog, bayangkan saja jika kita membuka sebuah blog tapi blog tersebut mengalami loading yang lama maka saya kira pasti anda akan malas untuk meneruskannya lagi bukan ?
Dan untuk mengunjungi kembalipun sudah malas meskipun artikel yang akan dibaca cukup menarik dan apa yang dapat diharapkan dalam upaya untuk meningkatkan traffic blog menjadi hambar. Jadi usahakanlah memiliki blog yang loadingnya tidak lemot / tidak lambat.

11. Menggunakan traffic exchange

Ada banyak website yang menyediakan traffic blog exchange secara gratis yang dapat anda pergunakan, cara kerjanya adalah setiap anda meng-klik beberapa detik web sponsor di situs tersebut maka anda akan mendapatkan nilai kredit yang dapat diconvert menjadi iklan untuk blog atau website anda, ada beberapa traffic blog exchange, dari indonesia adalah : auto traffik, belati, autotraffic, duitsurf, surgapromosi dan dari luar negeri adalah : blogclicker, easyhits4u, trafficG. Jadi silahkan saja anda gunakan, umumnya gratis koq. Tetapi saya tidak tahu apakah ada 'efek samping' dengan cara tersebut.

12. Blog dofollow

Untuk yang satu ini saya tidak menyarankan anda untuk merubah blog anda menjadi dofollow, karena seperti yang kita ketahui bahwa dofollow blog sangat tidak disukai oleh google, karena akan banyak link keluar yang akan menyebabkan pengeroposan blog. Tetapi imbas lain terhadap traffic blog seperti ini sangat signifikan dalam meningkatkan traffic blog tersebut.

Demikian artikel Bagaimana cara meningkatkan traffic blog atau website, semoga dapat bermanfaat

May 21, 2013

CARA MENINGKATKAN TRAFFIC PENGUNJUNG BLOG DAN WEBSITE

Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog dan Website - Setelah selesai membuat blog dan menulis artikel langkah lanjut yang harus kita pikirkan adalah cara meningkatkan trafik pengunjung blog agar artikel yang sudah diposting dapat bermanfaat untuk orang lain.

Bisa dibayangkan apalah artinya sebuah website / blog tanpa kehadiran pengunjung ? Sungguh merupakan suatu hal buruk yang harus kita hindarkan. Terkecuali untuk blog yang masih baru sudah pasti pernah tidak mendapatkan pengunjung walaupun hanya 1 orang.

Tetapi bagaimana dengan blog yang sudah cukup berumur, sungguh sangat disayangkan bukan ? Dan saya kira ada kesalahan dalam upaya untuk meningkatkan traffic pengunjung atau belum teroptimasinya blog tersebut.

meningkatkan traffic blog dan website
Nah, melalui artikel ini saya ingin berbagi cara apa saja (menurut hasil pengamatan) yang dapat kita lakukan agar dapat meningkatkan traffic pengunjung pada blog / website.

Cara Meningkatkan Trafik Blog

1. Buatlah Artikel Menarik
 Buatlah artikel menarik atau sedang hot / aktual / ramai dibicarakan tetapi jangalah berupa artikel 'instant' hasil dari copy paste dari blog lain, Sudah pastilah artikel menarik ini akan mendapat pencarian cukup tinggi dari pengunjung di mata search engine. Misalnya saja tentang trik trik seo, hasil pertandingan sepakbola, pertandingan tinju ataupun hasil pemilu dan lain sebagainya.



Perkirakan masa jaya judul content artikel anda, misalnya saja artikel ' Hasil Perhitungan Cepat Pilkada DKI Jakarta' tentunya artikel ini akan dicari orang dalam kurun waktu yang tidak lama, sesudah itu akan hilang traffic pencarian yang berefek pada pola pengunjung blog / website anda. Oleh sebab itu buatlah artikel dengan tidak termakan oleh waktu sebagai contoh : "Keindahan Tanah Lot Bali ", judul tersebut tentunya tidak akan pudar oleh rentang waktu, mungkin bisa dikatakan juga berlaku sepanjang masa.

Jangan lupa menggunakan bahasa baku dan enjoy untuk membacanya agar pengunjung menjadi mudah mengerti tentang isi artikel anda.

2. Posisi Ranking Blog di Halaman Pertama
Usahakanlah meng-optimasi blog anda agar artikel anda dapat menduduki posisi pada halaman awal / pertama pada hasil pencarian / search engine. Posisi halaman sangatlah menentukan untuk meningkatkan traffic pengunjung blog kita, bayangkan saja jika halaman yang anda cari berada pada posisi halaman ke 2 dan seterusnya kemungkinan besar untuk mengunjungi blog tersebut akan menjadi enggan bukan ?
Menurut para ahli seo posisi klik pada halaman pertama dapat mencapai lebih dari 60 % dibanding halaman ke 2 dan seterusnya. Jadi usahakanlah meng-optimasikan blog anda semaksimal mungkin agar mendapat peringkat halaman pertama pencarian.

3. Blogwalking
Saya kira blogwalking (berkunjung ke blog lain) juga merupakan salah satu cara meningkatkan traffic pengunjung blog / website anda. Dalam dunia blogging blogwalking sudah menjadi suatu keharusan agar tercipta kunjungan saling menguntungkan, selain kita memperkenalkan blog / website kita, juga akan terjalin sirahturahmi antar sesama blogger dan tentunya juga akan mendapatkan pengalaman pengalaman baru tentang seo maupun tutorial lainnya. Lakukanlah blogwalking dengan sesering mungkin, misalnya saja dalam sehari ruangkanlah waktu untuk mengunjungi blog lain 5-10 blog, dan janganlah menggunakan nama anonim dalam meninggalkan URL blog anda agar suatu saat blog kita dapat dikunjungi kembali. Dan saya harapkan agar kita dapat memberikan komentar komentar membangun maupun kritikan yang ada kaitannya dengan artikel tersebut.


4. Submit ke Berbagai Direktori
    Banyak sekali direktori direktori yang dapat anda submit (silahkan saja tanya ke mbah google ya). Dengan submit ke direkotri blog anda secara tidak langsung akan mendapatkan promosi promosi, misalnya saja submit ke technorati.com, Digg.com, Lintas.Me.

5. Update Artkel
 Upayakan selalu update artikel anda, memang tidaklah mudah untuk mendapatkan ide ide cemerlang untuk menulis artikel kita. Tetapi janganlah dipaksakan untuk membuat artikel terburu buru karena alasan blog anda sudah lama tidak meng-update artikel,  kemudian langsung anda membuat artikel seadanya.

Karena terburu waktu inilah maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan baik untuk blog anda juga. Saya kira sangatlah bijaksana jika penulisan artikel lebih difokuskan pada hasil terbaik karya orisinil dan bukan pada terburu burunya waktu update artikel.

6. Sertakan Gambar
Dengan dibuatnya gambar, tentu akan menambah daya tarik pengunjung tentunya juga akan berpengaruh kepada penambahan tingkat keperkasaan keyword anda pada Alt Tag gambar tersebut.

Jika perlu buatlah gambar berupa video seperti YouTube sehingga sedikit banyak pengaruhnya akan menambah daya tarik blog anda. Jika gambar berukuran besar maka dapat anda kompres gambar tersebut agar dapat membantu mempercepat loading blog.


7. Desain blog
    Desainlah blog / website anda semenarik mungkin agar menambah daya tarik pengnjung untuk membaca artikel anda. Perhatikan juga kecepatan loading blog / website anda, karena hal ini sangat berpengaruh pada pola pengunjung. Lambatnya loading blog akan mengurangi rasa ingin membuka / mengunjungi kembali blog anda. Perhatikan juga cara memasang widget agar tepat pada tempatnya.

8. Menjawab komentar dengan lugas
   Jawablah komentar-komentar dengan baik dan lugas, janganlah membuat anda tampil seolah olah anda sedang menjadi seorang guru, dan buatlah anda seramah mungkin dalam menanggapi para komentator.

Salah satu cara menarik hati dan untuk meningkatkan traffic pengunjung blog adalah banyaknya komentar yang senang akan cara anda menanggapi komentar komentar pengunjung dengan ramah dan dapat memberikan solusi dari pertanyaan pertanyaan pengunjung blog tersebut.
.
9 Menggunakan iklan
Jika anda adalah pebisnis yang memikirkan peluang usaha secara online, maka anda dapat melakukan hal yang dapat meningkatkan traffic pengunjung blog ataupun situs situs anda dengan cara berbayar.. Misalnya dengan menjadi peng-iklan (advertiser) di situs-situs yang menyediakan Pay Per Click (PPC). 

PPC merupakan iklan layanan yang membayar situs pengiklan setiap kali ada yang mengklik iklan anda sehingga anda dapat menghasilkan uang dari internet . Nah anda dapat mendaftarkan situs / website / blog anda ke situs yang menyediakan PPC tersebut, misalnya sitti.co.id. Klik saja situs sitti.co.id pada bagian advertiser, di sana anda akan mendapat petunjuk selanjutnya.

10. Gunakan Template Responsive
Karena kini sudah banyak pengguna tablet ataupun hp untuk browsing, maka gunakanlah template responsive untuk membuat pengguna hp sejenis agar lebih enjoy untuk membuka dan membaca hasil karya anda. Perhatikan juga manfaat dari kriteria template seo friendly untuk menambah seo blog.

Demikian artikel Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung Blog dan Website, semoga dapat bermanfaat

May 8, 2013

Cara Menampilkan Widget Agar Muncul Di Halaman Tertentu Pada BLog

Cara Menampilkan widget pada halaman tertentu - Pernahkah sobat blogger melihat bahwa ada gambar-gambar ataupun iklan iklan yang hanya ditampilkan pada halaman utama blog sedangkan pada halaman lain tidak tampil dan tidak tampak. Tentunya sering bukan ? Hal itu bisa saja terjadi karena ada pengaturan widget untuk di tampilkan pada halaman tertentu atau halaman yang diinginkan saja. Nah saya akan coba membahas tentang cara menampilkan widget atau gadget untuk ditampilkan pada halaman yang diinginkan / tertentu. Penampilan widget tersebut akan diatur menggunakan tag kondisional dengan kode awal  b:if  dan dan ditutup dengan  </b:if>. Setiap tag <b:if> memiliki atribut cond. Atribut cond dapat dibilang merupakan penentu/penunjuk yang digunakan untuk menunjukkan suatu kondisi.  Jadi gambaran umumnya adalah

b:if cond= 'data:blog. xxxxxx --.'
objek 
</b:if>
kode di atas dapat dibaca menjadi : ' jika keadaan halaman saat ini sama dengan data:blog.xxxx-- maka objek akan ditampilkan.

dan penerapan tag kondisional yang umumnya seperti di bawah ini :


<b:widget id='HTML5' locked='false' title=' ' type='HTML'>
  <b:includable id='main'>
  <b:if cond=' ----------------' >
         <!-- only display title if it's non-empty -->
              <b:if cond='data:title !=&quot:&quot;'>
                    <h4 class='title'><data:title/></h4>
               </b:if>
               <div class='widget-content'>
                    <data:content/>
               </div>
               <b:includable name='quickedit'/>
   </b:if>
   </b:includable>
</b:widget>

dan silahkan sobat blogger memasang script di bawah ini sesuai dengan keinginan untuk menampilkan widget tersebut :

1. Cara Menampilkan Widget Pada Halaman Utama / Homepage

scriptnya adalah : b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'
jadi contoh penerapannya adalah  :

<b:widget id='HTML5' locked='false' title=' ' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.url==data:blog.homepageUrl'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title!=&quot;&quot;'>
<h4 class='title'><data:title/></h4>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</b:if>
</b:includable>
</b:widget>

demikian seterusnya hanya mengganti kode yang berwarna biru saja.

2. Cara Menampilkan Widget di seluruh halaman kecuali halaman utama / homepage

scriptnya adalah   <b:if cond='data:blog.url != data:blog.homepageUrl'>

3. Cara Menampilkan Widget hanya pada salah satu halaman


scriptnya adalah   <b:if cond='data:blog.url == "alamat url " '> 

4. Cara Menampilkan Widget di seluruh halaman kecuali halaman tertentu


scriptnya adalah  <b:if cond='data:blog.url !="alamat url" '>

5. Cara Menampilkan Widget di seluruh halaman posting

scriptnya adalah  <b:if cond='data:blog.pageType == "item" '>

6. Cara Menampilkan Widget di seluruh halaman kecuali halaman posting

scriptnya adalah  <b:if cond='data:blog.pageType != "item" '>

7. Cara Menampilkan widget di seluruh halaman statis

scriptnya adalah <b:if cond='data:blog.pageType == "static_page" '>

8. Cara Menampilkan widget di seluruh halaman kecuali pada halaman statis

scriptnya adalah <b:if cond='data:blog.pageType != "static_page" '>

9. Cara Menampilkan Widget di seluruh halaman arsip

scriptnya adalah <b:if cond='data:blog.pageType == "archive" '>

10.Cara Menampilkan Widget di seluruh halaman kecuali pada halaman arsip

scriptnya adalah <b:if cond='data:blog.pageType != "acrchive" '>

dan bagaimana caranya untuk mengetahui id widget yang akan kita letakkan tersebut ?
berikut penjelasannya :

Sobat blogger terlebih dahulu masuk ke menu Tata Letak kemudian tentukan widget mana yang akan kita atur penampilannya. Dan klik edit pada widget tersebut. Setelah itu lihat bagian atas menu bar widget ( di tunjukkan oleh panah merah), lihat id widget html berapa. Dan catatlah.

id widget


Dan masuk kembali menu template , untuk mempermudah pencarian langsung klik 'lompat ke widget' dan klik saja id widget yang telah didapatkan tadi. Dan silahkan edit seperti petunjuk di atas.


pilih id widget

Sebagai gambaran silahkan lihat contoh yang telah saya terapkan di blog ini yang menampilkan widget pada halaman utama / homepage saja.

pelatakkan widget

Dan sobat blogger sebaiknya jangan salah menempatkan posisi </b:if> , yaitu selalu di atas </b:includable> agar maksud untuk menampilkan widget pada halaman utama, halaman tertentu atau pun di halaman postingan dapat berhasil.
Dan sekian saja dulu artikel cara menampilkan widget agar muncul di halaman tertentu pada blog, salam blogger